Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Friday, October 14, 2016

Riwayat Para Imam Ulama Hadits Friday, October 14, 2016

Ahlul Hadits, atau ulama ahli hadits adalah orang-orang atau golongan yang dalam menetapkan hukum berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad Shallahu'alaihi wassalam. Mereka juga umum disebut golongan Atsari, tradisionalis dan Hanbali (berkaitan tapi tidak selalu sama dengan mazhab Hanbali di ranah fiqih). Istilah ini timbul pada masa ke dua dari sejarah pembinaan hukum Islam, dimulai sejak wafatnya Rasulullah dan diakhiri pada pertengahan abad ke-2 Hijriyah. Masa ini dinamai pula dengan periode sahabat.

Dalam menetapkan hukum, sebagiaan para sahabat Nabi dan pengikutnya membatasi diri pada sumber hukum yang terdiri dari Al-Quran dan Hadits. Mereka berpegang teguh pada dalil naqli (Al-Qur’an dan Hadits) untuk memurnikan ajaran Islam dari masukknya sumber-sumber yang tidak jelas. Adapun jika suatu permasalahan tidak memiliki dalil, maka mereka akan menggunakan ijtihad dan juga qiyas yang tentunya memiliki syarat-syarat yang ketat sebagai bentuk kehati-hatian ekstra dalam membuat cabang hukum baru.

Sejak jaman Rasulullah SAW hingga kini, diperkirakan ada ratusan, ribuan, bahkan mungkin jutaan penghafal hadits yang tersebar di seluruh dunia, dan boleh jadi beberapa di antaranya masih hidup di antara kita sekarang ini. Tidak sedikit di antara para penghafal tsb yang semasa hidupnya sempat menyusun riwayat hadits-hadits Rasulullah SAW ke dalam berbagai kitab sebagaimana yang dewasa ini kita kenal sebagai kitab-kitab Sirah yang masyhur.

Kendati demikian, seiring dengan berjalannya waktu dan sejarah hadits-hadits itu sendiri, dewasa ini kita hanya mengenal beberapa orang saja di antara mereka sebagai para imam yang periwayatan haditsnya diyakini kredibel dan menjadi rujukan utama bagi mayoritas umat Islam di seluruh dunia.
 
Di antara Para Imam Ahlul Hadits tsb adalah sbb:  
Riwayat Para Imam Ulama Hadits


More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *