Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Tuesday, October 11, 2016

Judaismologi Tuesday, October 11, 2016

Secara harfiah, Yudaisme adalah sebuah istilah Yunani dalam mengklasifikasikan sebuah paham, entah itu paham agama, paham sosial politik, ataupun paham ekonomi. Yudaisme (Ιουδαϊσμός) diambil dari kata Ιουδα (Iouda = Yahudi) dan sufiks ϊσμός (ismos = -isme = paham). Di Indonesia dikenal dengan istilah "Yahudiah" yakni kata serapan dari Bahasa Arab "Al-Yahudiyyah" (اليهودية).

APAKAH YAHUDI SEBUAH AGAMA? Yahudi berasal dari kata "Yehudah" (יהודה) dalam bahasa Ibrani. Yehudah adalah salahsatu dari 12 orang putra Ya'aqov, leluhur Yahudi. Pada awalnya istilah ini jarang disebutkan, dan dunia lebih mengenal kata "Yisyra'el" (ישראל) atau Israel, sebuah nama julukan bagi leluhur Yahudi, Ya'aqov daripada Yahudi.

Lantas, apakah Yudaisme adalah sebuah agama? Banyak orang yang menyebut dirinya orang Yahudi tetapi tidak percaya agama sama sekali! Lebih dari separuh orang Yahudi di Negara Israel hari ini menganut "sekularisme agama" dan tidak percaya pada Tuhan atau salah satu dari keyakinan agama Yahudi. Setengah dari orang Yahudi di Amerika Serikat tidak pernah masuk ke rumah ibadah Yahudi (Esnoga). Mereka mungkin mempraktekkan beberapa ritual ibadah dari Yudaisme dan merayakan beberapa hari raya, tetapi mereka tidak menganggap kegiatan itu sebagai kegiatan keagamaan.

Kendati demikian, orang Yahudi paling tradisional dan paling liberal sekalipun tetap akan setuju bahwa kelompok sekuler ini masih menjadi bagian dari orang-orang Yahudi, terlepas dari kekafiran mereka terhadap agama Yahudi. Jadi, apakah Yudaisme adalah agama? Tidak! Yudaisme lebih dari sekedar agama, namun agama adalah hal paling utama dalam tradisi Yahudi.
Sejarah Judaism


Judaism Dan Jahudi


Judaism Dan Kristen


Judaism Dan Islam


Zionism


More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *