Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Monday, November 30, 2015

Pandangan Historis Yahudi Terhadap Kristen Monday, November 30, 2015


Sikap teologis terhadap agama Kristen telah berubah seiring waktu sebagai tanggapan terhadap perkembangan sosial dan politik.

Pada hari-hari awalnya, Kekristenan dipandang oleh para guru Yahudi sebagai bidah Yahudi; penganutnya adalah orang Yahudi yang percaya pada keilahian Kristus [dan menganggap Kristen sebagai sekte Yahudi]. Tetapi ketika agama Kristen menyebar dan menjadi agama dunia, dengan banyak orang yang pindah agama dari dunia bukan Yahudi, itu menjadi agama saingan untuk Yudaisme. Umat ​​Kristen kemudian dilihat sebagai orang bukan Yahudi bukan karena mereka adalah orang Kristen tetapi karena, pada dasarnya, mereka sebenarnya adalah orang bukan Yahudi (yaitu bukan Yahudi).
Sikap Rabi terhadap Kekristenan

Dalam Talmud dan Midrash, relatif sedikit referensi ke agama Kristen (ini hanya muncul dalam versi yang tidak disensor) adalah agama ini sebagai sekte sesat yang percaya dalam bentuk dualisme, Tuhan Bapa dan Tuhan Anak.

Yang khas adalah komentar dari guru Palestina di akhir abad ketiga, Rabbi Abbahu, tentang ayat tersebut (Yesaya 44: 6) : "Akulah yang pertama, dan aku yang terakhir, dan di samping-Ku tidak ada Tuhan." Seperti yang dikatakan Rabi Abbahu: “'Aku yang pertama,' karena aku tidak punya ayah; 'dan aku yang terakhir,' karena aku tidak punya anak laki-laki, 'dan di samping-Ku tidak ada Tuhan,' karena aku tidak punya saudara. " Karena doktrin Tritunggal tidak muncul sepenuhnya sampai periode selanjutnya, tidak ada referensi tentang doktrin ini dalam Talmud atau midrash, meskipun upaya yang dibuat-buat untuk menemukan petunjuk tentangnya dalam sumber-sumber ini.

Baru pada Abad Pertengahan status Kristen (dan Islam) sebagai agama saingan dianggap dari sudut pandang Yahudi.

Sikap Abad Pertengahan Terhadap Kekristenan

Serangan terhadap dogma Kristen ditemukan dalam tulisan-tulisan Yahudi abad pertengahan dari komentar alkitabiah Rashi dan [David] Kimhi, menyangkal klaim Kristen bahwa Perjanjian Lama berisi nubuat-nubuat yang mengantisipasi kedatangan Yesus, melalui karya-karya apologetika seperti Kuzari dari Judah Halevi dan yang Faith Memperkuat dari [yang Karaite] Isaac dari Troki (d. 1593), dengan catatan yang dibuat oleh orang-orang Yahudi dari berbagai perselisihan mereka dengan orang-orang Kristen [mungkin yang paling terkenal adalah perdebatan tentang sifat Mesias antara murtad Pablo Christiani dan Rabbi Moses ben Nahman, Nahmanides, pada 1263].

Dalam karya-karya ini dan yang serupa, tujuan utamanya adalah untuk menyangkal bahwa Mesias telah datang dalam diri Yesus (dunia tidak memberikan bukti bahwa zaman yang mulia ini telah tiba, sering kali diprotes) dan terutama untuk mempermasalahkan doktrin Inkarnasi dan Tritunggal.

Seperti yang dicatat oleh [rabi Venesia] Leon da Modena, bukanlah doktrin Trinitas itu sendiri yang tidak dapat diterima (lagipula, dalam doktrin kabbalistik dari Sefirot ada banyak pembicaraan tentang tiga, dan lebih banyak, aspek [the] Dewa) tetapi penjabarannya, di mana Tritunggal terdiri dari tiga Pribadi ilahi, yang salah satunya menjadi inkarnasi dalam diri manusia. Para pemikir abad pertengahan yang menganut agama Kristen tetapi bukan Islam sebagai pemuja berhala melakukannya terutama karena penyembahan Salib; membungkuk di depan ikon atau salib diadakan serupa dengan membungkuk kepada berhala.

Pertanyaan mendasar dalam praktiknya adalah apakah peraturan talmud lama yang melarang hubungan sosial dan urusan bisnis dengan orang kafir pada hari-hari perayaan mereka (karena mereka mungkin menawarkan pujian kepada dewa mereka pada hasil kesepakatan yang berhasil) diterapkan pada orang Kristen. Dengan orang-orang Yahudi yang tinggal di antara orang-orang Kristen untuk menerapkan peraturan ini akan menjadi bencana besar, jika bukan tidak mungkin.

Para sarjana Prancis [seperti Menahem Meiri, dibahas di bawah] cenderung mengadopsi argumen kasuistik untuk menghindari beberapa aturan yang lebih berat; mereka berargumen, misalnya, bahwa setiap uang yang diberikan oleh orang Kristen kepada Gereja sebagian besar adalah untuk kepentingan pendeta, dan tentunya tidak ada hewan atau burung yang dikorbankan secara nyata untuk berhala seperti yang terjadi pada masa talmud.

Menahem Meiri [seorang ahli talmud abad ketiga belas] melangkah lebih jauh dengan menyatakan bahwa rujukan ke pagan dalam literatur talmud tidak dapat diterapkan pada apa yang dia sebut "orang yang hidupnya diatur oleh agama." Akhirnya, suatu perbedaan dibuat, tidak diketahui dalam sumber-sumber talmud, yang menurutnya agama Kristen merupakan penyembahan berhala bagi orang Yahudi tetapi bukan "untuk mereka" (yaitu Kristen). Seorang Kristen tidak menyinggung hukum Nuh [tujuh prinsip, termasuk penolakan penyembahan berhala, di mana Yudaisme mengharapkan non-Yahudi untuk hidup] sejakTorah mengijinkan seorang bukan Yahudi, tapi bukan seorang Yahudi, untuk menyembah makhluk lain selain Tuhan.

Konsep ini dikenal sebagai shittuf ("asosiasi," orang lain bersama-sama dengan Tuhan) dan pepatah hukum yang sering dikutip, memungkinkan sikap yang lebih liberal terhadap orang Kristen, adalah: "Seorang Nuh tidak diperintahkan untuk menolak shittuf."

Kebutuhan sosial jelas-jelas memunculkan perbedaan artifisial yang sama sekali tidak diterima secara universal. Sampai akhir abad kedelapan belas, Elia, Gaon dari Vilna, memutuskan bahwa, karena nama berhala dilarang, seorang Yahudi dapat merujuk pada Yesus tetapi tidak pernah menggunakan nama Kristus.

Pada abad ke-20, otoritas halakhic memperdebatkan apakah diizinkan menggunakan gereja yang ditinggalkan sebagai sinagoga, atau bagi seorang Yahudi untuk memberikan sumbangan ke gereja atau bahkan memasuki gereja, atau memakai medali berbentuk salib. Terakhir, izin diberikan, dengan alasan medali itu hiasan, bukan benda pemujaan. Beberapa otoritas mengizinkan seorang Yahudi untuk memperdagangkan penjualan salib kepada orang-orang Kristen, asalkan dipakai bukan untuk tujuan ibadah tetapi hanya sebagai dekorasi.
Sikap Modern Terhadap Kekristenan

Di zaman modern telah ada kerja sama yang jauh lebih besar antara orang Yahudi dan Kristen, banyak orang Yahudi menyambut dialog Yahudi-Kristen di mana tujuan masing-masing pihak adalah untuk memahami posisi pihak lain, dan bahkan belajar darinya, tanpa sedikit pun bergerak darinya sendiri.

Beberapa orang Yahudi percaya bahwa Yudaisme dan Kristen memiliki begitu banyak kesamaan sehingga diperbolehkan untuk berbicara tentang tradisi Yahudi-Kristen. Tetapi ada oposisi terkuat dari semua orang Yahudi, Ortodoks, Konservatif, dan Reformasi, terhadap upaya kelompok misionaris Kristen untuk mengubah orang Yahudi menjadi Kristen. Gerakan Orang Yahudi untuk Yesus adalah fenomena pinggiran dan telah dikutuk oleh semua orang Yahudi yang setia karena mencoba untuk memperkenalkan agama Kristen kepada orang Yahudi melalui pintu belakang.

Seorang teolog Yahudi Ortodoks kontemporer di AS berpendapat bahwa Yudaisme tidak mewajibkan orang Yahudi untuk menolak doktrin inkarnasi sebagai hal yang mustahil. Baginya, orang Yahudi menolak Kekristenan bukan karena Tuhan tidak dapat berinkarnasi dalam manusia, karena itu akan membahayakan kemahakuasaan Tuhan, tetapi karena, pada kenyataannya, Dia tidak melakukannya dalam pribadi Yesus.

Pandangan eksentrik ini ditolak oleh semua teolog Yahudi lainnya dengan alasan bahwa Tuhan, sebagai Tuhan, dapat menjadi manusia sesedikit yang Dia inginkan agar diri-Nya keluar dari keberadaan. Seperti yang dikatakan Aquinas — dan dia diantisipasi oleh para pemikir Yahudi — bukanlah kompromi tentang kemahakuasaan Tuhan bahwa Dia tidak dapat melakukan hal yang benar-benar mustahil.

[Ahli teologi Yahudi Inggris] CG Montefiore, sementara bersikeras bahwa seorang Yahudi tidak dapat sekaligus menjadi seorang Kristen, berpendapat bahwa beberapa aspek etika Kristen lebih tinggi daripada aspek Yahudi, yang karenanya ia diserang oleh [Pemikir Zionis] Ahad Ha ‑ Am . Pada tingkat keilmuan, telah ada penyelidikan orang Yahudi tentang latar belakang orang Yahudi dalam agama Kristen, tetapi dengan cara yang murni obyektif dengan pertanyaan-pertanyaan teologis yang dianggap tidak relevan dengan ilmu pengetahuan.

Tidaklah benar jika kita mengatakan bahwa kecurigaan antara dua agama satu sama lain adalah masa lalu. Apa yang dapat dikatakan adalah bahwa, di era toleransi beragama yang lebih besar, telah tumbuh kesadaran bahwa keduanya memiliki cukup kesamaan untuk memungkinkan mereka bekerja secara harmonis untuk kemajuan manusia.


Diterbitkan ulang dengan izin dari The Jewish Religion: A Companion , diterbitkan oleh Oxford University Press.

More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *