Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Monday, November 20, 2017

Majelis Dzikir Monday, November 20, 2017


Zikir (bentuk tidak baku: dzikir atau dikir) (bahasa Arab: ٱلذِّكْر , translit. al-żikr‎) adalah puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang. Zikir juga merupakan sebuah aktivitas ibadah kaum Muslimin untuk mengingat Allah. Di antaranya dengan menyebut dan memuji nama Allah, dan zikir adalah satu kewajiban yang termaktub dalam Al-Qur'an. Bacaan zikir yang paling utama adalah kalimat "Laa Ilaaha Illallaah", sedangkan doa yang paling utama adalah "Alhamdulillah". Seseorang yang melakukan zikir disebut zaakir (ذاكر).

Etimologi
Secara bahasa zikir memiliki arti "menyebut", "mengingat" atau "berdoa", kata zikir juga berarti memori, pengajian. Dalam bahasa agama Islam zikir sering didefinisikan dengan menyebut atau mengingat Allah dengan lisan melalui kalimat-kalimat thayyibah.

Jenis zikir
Zikir pertama adalah dengan mengingat nama dan sifat Allah serta memuji, mensucikan Allah dari sesuatu yang tidak layak bagi-Nya. Menyanjung Allah dengan mengucapkan “subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar”, “subhanallah wa bihamdih”, “laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir”.

Menyebut konsekuensi dari nama dan sifat Allah atau menceritakan tentang Allah. Contohnya seperti mengatakan, “Allah Maha Mendengar segala yang diucapkan hamba-Nya”, “Allah Maha Melihat segala gerakan hamba-Nya, “tidak mungkin perbuatan hamba yang samar dari penglihatan Allah”, “Allah Maha menyayangi hamba-Nya”, “Allah maha berkuasa atas segala sesuatu”, “Allah menyukai hamba-Nya yang bertaubat.” dan lain-lain serupa itu.

Zikir kedua dengan mengingat perintah, larangan dan hukum Allah. Zikir jenis ini ada dua macam:
  1. Mengingat perintah dan larangan Allah, apa yang Allah cintai dan apa yang Allah murkai.
  2. Mengingat perintah Allah lantas segera menjalankannya dan mengingat larangan-Nya lantas segera menjauh darinya.

Zikir ketiga adalah dengan mengingat berbagai nikmat dan kebaikan yang telah, sedang, dan akan terus Allah berikan.

Lebih jauh tentang dzikir, simak beberapa catatan berikut:
Majelis Dzikir


More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *