Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Monday, April 3, 2017

Kitab Wahyu, Paulus, Dan Efesus Monday, April 3, 2017


KITAB WAHYU
Kembali saat saya masih percaya bahwa Paulus adalah rasul yang benar, saya bingung oleh satu hal. Jika dia adalah rasul terhebat yang pernah hidup, sebagaimana kekristenan yang menjadikannya demikian, mengapa Tuhan tidak memberinya nubuat terbesar sejak Yesus dalam kitab Wahyu?

Ada beberapa fakta menarik seputar kitab Wahyu, dan hal-hal yang diucapkan Yesus dicatat di dalamnya yang menjawab pertanyaan mengapa Paulus tidak mendapat "wahyu". Dengan kata lain, ada alasan masuk akal mengapa Yesus tidak memberikan dukungan yang jelas kepada Paulus bagi dunia. Yohanes tidak mencatat  Wahyu tentang Paulus karena Paulus adalah rasul yang lebih rendah  dibandingkan dengan dirinya. Implikasinya jauh lebih buruk bagi Paulus. Paulus tidak diberi Wahyu karena bagian dari pesan Wahyu diberikan untuk tujuan mengungkap dia sebagai rasul palsu! Ada alasan bagus mengapa Yesus menggunakan rasul Yohanes yang terkasih. Dia adalah salah satu dari 12 murid Yesus yang telah dilatih selama tiga setengah tahun untuk menjadi saksinya, dan dia mengatakan bahwa kesaksian Yohanes akan tetap sampai dia kembali. (Lebih lanjut tentang ini lihat ramalan Yesus tentang Peter ) 

APAN KITAB WAHYU DITULIS?
Hal pertama yang kita perhatikan tentang kitab Wahyu adalah bahwa wahyu telah diberikan kepada rasul Yohanes yang terkasih. Hal kedua yang perlu kita pahami adalah bahwa Wahyu kemungkinan besar diberikan kepada Yohanes selama penganiayaan Neronian sekitar tahun 65 AD. Ini sekitar waktu yang sama ketika kita mendengar berita terakhir tentang Paulus yang berada di penjara di Roma ketika dia menulis suratnya yang kedua kepada Timotius. (kita akan kembali ke 2 Timotius sebentar lagi). 

Banyak Cendekiawan (tetapi tidak semuanya) percaya bahwa Wahyu ditulis kemudian selama penganiayaan Domitianus tahun 81-96. Teori ini berawal pada kesaksian sejarawan Irenaeus yang menulis sekitar tahun 180 M, 100 tahun atau lebih kemudian. Irenaeus memegang penghargaan tertinggi dan hidup untuk menirunya. Dia juga berperan dalam menyatukan banyak faksi Kristen yang terpecah pada waktu itu. Tidak ada alasan lain untuk menganggap tanggal kemudian dari 65 M untuk penulisan Wahyu daripada mengatakan demikian. Tetapi ada bukti signifikan untuk membantahnya. Adalah keyakinan saya bahwa ia melihat dampak yang menghancurkan kredibilitas Paulus yang akan terjadi pada tanggal yang lebih awal untuk Wahyu. Divisi pertempuran, dan menginginkan persatuan (terutama yang mendukung Paulus), dia memutuskan di kemudian hari dalam upaya untuk memberi Paulus sedikit ruang bernapas. Ini hanya sedikit membantu Paulus. Bahkan dalam kasus yang tidak mungkin bahwa Wahyu ditulis kemudian, itu terus mencerminkan buruk pada Paulus seperti yang akan Anda lihat. Para sejarawan awal lainnya yang juga membuat tanggal kemudian, Victorinus (c. 270), Eusebius (c.328), dan Jerome (c. 370) hanya mengikuti jejak Irenaeus.

Ada bukti yang dapat disimpulkan dari kitab Wahyu itu sendiri yang menyerukan tanggal yang lebih awal untuk penulisan itu. Dalam pasal 11, Yohanes diperintahkan untuk mengukur bait suci. Kuil itu dihancurkan pada tahun 70 M. Adalah tidak masuk akal untuk membayangkan bahwa Yohanes diperintahkan untuk mengukur bait suci setelah ia pergi. Juga, ketika seseorang menambahkan nilai numerik dari huruf konsonan dalam nama "N'ron Kahsar" (yang merupakan cara semua orang berbahasa Yunani mengucapkan nama "Caesar Nero"), jumlahnya total 666. Gereja-gereja di Asia akan percaya Nero adalah binatang buas yang dinubuatkan oleh Wahyu ... meskipun ia hanya tipe, semacam pratinjau hal-hal yang akan datang di masa depan yang jauh, seperti halnya Salomo, putra Daud, adalah pratinjau kerajaan Yesus yang akan datang. 

Ada juga pertimbangan usia Yohanes. Menjadi sezaman Yesus, aman untuk berasumsi bahwa ia akan seusia dengan Yesus. Jika John 10 tahun lebih muda dari Yesus, dia baru berusia 20 tahun ketika Yesus memanggilnya untuk mengikutinya. Tampaknya diragukan bahwa Yesus akan memanggil seseorang yang begitu muda, tetapi demi perkiraan konservatif, jika John adalah hanya 20 ketika dia dipanggil oleh Yesus, dia akan berusia akhir lima puluhan di yang termuda di tahun 65. Jika dia seusia dengan Yesus, dia akan berusia akhir enam puluhan. Menurut standar abad pertama, seseorang yang berusia dari 50-an hingga 60-an dianggap sebagai orang yang sangat tua. Jika kitab Wahyu ditulis pada tahun 95 seperti yang disarankan beberapa orang, pada yang termuda, John akan berusia akhir 80-an. Ini hampir tidak pernah terjadi pada abad pertama. Jika dia seusia dengan Yesus atau lebih tua, (sama sekali tidak keluar dari pertanyaan), dia akan berusia akhir 90-an hingga lebih dari 100 tahun. Ini sangat tidak mungkin. Selama seseorang tidak berusaha menyelamatkan reputasi Paulus, tanggal awal 65 M untuk penulisan Wahyu, selama penganiayaan Neronian, cocok dengan data terbaik.

DITULIS UNTUK SIAPA?
Satu fakta yang menghantui dari Penyingkapan yang harus dihadapi oleh Kekristenan, adalah bahwa terlepas dari kemasyhuran Paulus, Yesus tidak memanggil namanya, juga tidak memberikan pengakuan atas karyanya di antara orang-orang bukan Yahudi. Dari tujuh gereja di Asia yang kepadanya buku ini ditujukan, salah satu dari mereka yang kita ketahui memiliki hubungan yang signifikan dengan Paulus. Itu adalah Efesus, yang pertama dalam daftar ketujuh. Juga, ingatlah di belakang pikiran Anda bahwa ketujuh gereja ini berlokasi di tempat yang disebut "Asia". Kami akan kembali ke ini juga. Ini catatan John tentang perintah Yesus. 

"Aku berada dalam Roh pada Hari Tuhan, dan aku mendengar di belakangku sebuah suara nyaring, seperti terompet, berkata," Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terakhir, "dan," Apa yang kau lihat, tulislah dalam sebuah buku dan kirimkan ke tujuh gereja yang ada di Asia : ke Efesus, ke Smyrna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Philadelphia, dan ke Laodikia. "Wahyu 1: 10,11

Yesus melanjutkan dengan memberi tahu John apa yang harus dikatakan kepada setiap gereja. Aliran umum dari apa yang dia katakan kepada setiap gereja berjalan seperti ini. Pertama, dia akan memberi tahu mereka apa yang mereka lakukan dengan benar dan memuji mereka untuk itu. Selanjutnya dia akan menunjukkan kepada mereka di mana mereka salah dan menegur mereka untuk itu. Kemudian dia akan mendesak mereka untuk bertobat dan mengubah apa yang mereka lakukan salah, atau mereka akan menderita akibatnya. Kemudian dia akan memberi mereka janji hadiah jika mereka bertobat dan mengatasi masalah mereka. Kemudian, dan ini penting, pada akhir dari setiap pesan untuk sebuah gereja, ia akan berbicara kepada seluruh dunia dan mengatakan bahwa apa yang benar dan baik untuk ini dan ketujuh gereja itu baik untuk siapa saja yang peduli untuk mendengarkan.

"Dia yang memiliki telinga, biarkan dia mendengar apa yang dikatakan Roh kepada gereja-gereja". Wahyu 2: 7,11,17,29 dan 3: 6,13,22

PAULUS DAN EFESUS
Sekarang, lihatlah apa yang dikatakan kepada gereja bahwa kita tahu Paulus telah terlibat dalam ... Efesus. Di antara hal-hal yang Yesus memuji gereja Efesus karena melakukan yang benar, adalah kutipan ini:

"Aku tahu pekerjaanmu, kerja kerasmu, dan kesabaranmu, dan bahwa kamu tidak dapat menanggung orang-orang jahat. Dan kamu telah menguji mereka yang mengatakan mereka adalah rasul dan bukan, dan telah menemukan mereka pembohong ." Wah 2: 2 

Iya nih. Saya tidak ragu Yesus merujuk pada Paulus dan teman-temannya, dan bahwa pernyataan kerasulannya, serta doktrinnya, adalah salah! Bertahanlah dan pertimbangkan semua fakta dengan saya sebentar. Inilah empat dari mereka ... dengan peluru perak yang datang tak lama setelah itu. 

1. Doktrin Paulus tentang prapengetahuan Allah tidak hanya tidak berdasar (karena ia harus menyalahgunakan Alkitab untuk mendukungnya), itu juga merupakan penghujatan, karena ia langsung menuduh Allah tidak benar. (Lihat pasal-pasal sebelumnya) 

2. Kita memiliki catatan tentang Paulus yang mengaku sebagai rasul bagi orang-orang Efesus. "Paulus, rasul Yesus karena kehendak Allah, kepada orang-orang kudus yang di Efesus," Efesus 1:1 

3. Kami tidak memiliki catatan tentang orang lain yang mengaku sebagai rasul bagi siapa pun di mana pun, bahkan kepada orang Efesus. 

4. Paulus dan doktrinnya sulit diterima di Efesus.


"Dan dia pergi ke rumah ibadat dan berbicara dengan berani selama tiga bulan, dengan alasan dan membujuk tentang hal-hal kerajaan Allah. Tetapi ketika beberapa orang mengeras dan tidak percaya, tetapi berbicara jahat tentang jalan sebelum orang banyak ..." Kisah Para Rasul 19: 8,9 

Ingat, ini dicatat dari sudut pandang Lukas dan dia percaya doktrin Paulus adalah "Jalan". Perhatikan bahwa mereka yang menolak Paulus adalah orang-orang dari sinagoga dan bukan ateis atau penyembah berhala. Jika orang-orang ini berdiri di depan sinagoge dan berkata, "Doktrin Paulus cacat. Ia adalah rasul palsu, dan pembohong", Lukas tidak akan ragu melihat ini sebagai "berbicara kejahatan Jalan".

Jika keempat alasan ini tidak cukup untuk secara serius mempertanyakan status Paulus sebagai rasul, ada satu alasan lagi. Ini adalah kutipan paling menarik dari pena Paulus sendiri yang akhirnya menyegel nasib kerasulannya. Itu berasal dari surat keduanya kepada Timotius, yang ditulis selama penganiayaan Neronian yang sama di mana Yohanes diberi wahyu. Surat ini diyakini oleh banyak sarjana mengandung kata-kata Paulus yang terakhir direkam. Di sini ia membuat pernyataan singkat tentang ratapan yang tampaknya tidak diperhatikan ... implikasinya sangat menghancurkan bagi Paulus jika seseorang dapat mendengar semua yang dikatakan. Paulus membuat pernyataan ini kepada Timotius.

"Ini kamu tahu, bahwa semua orang di Asia telah berpaling dari saya ." 2 Timotius 1:15

Asia! Mereka semua! Menolak Paulus! Dan ketika dia berkata, "Ini kamu tahu", sepertinya ini pastilah pengetahuan yang relatif umum pada waktu itu. Asia! Sangat tempat itu Yesus mengatakan kepada Yohanes untuk menulis, di mana nya tujuh gereja yang! Dan mereka hidup, dan jelas telah didirikan untuk beberapa waktu. Paulus tidak mengatakan bahwa Asia telah menolak Yesus. Jelas mereka tidak menolak Yesus jika ada gereja yang berkembang di sana yang Yesus ingin atasi melalui Yohanes. Sebaliknya Paulus mengatakan bahwa semua Asia telah menolaknya secara pribadi! Ini juga dikuatkan dalam kitab Kisah Para Rasul di mana orang-orang dari Asia menuduh Paulus mengajar menentang Hukum, dan membawa seorang teman Efesus ke bait suci. 

Dan ketika tujuh hari hampir berakhir, orang-orang Yahudi dari Asia, melihatnya di bait suci, membangkitkan seluruh kerumunan dan menumpangkan tangan kepadanya. berseru, "Orang-orang Israel, tolong! Ini adalah orang yang mengajar semua orang di mana-mana melawan orang-orang, Hukum , dan tempat ini: dan selanjutnya dia juga membawa orang-orang Yunani ke dalam bait suci dan telah menajiskan tempat suci ini." (Sebab mereka sebelumnya telah melihat Trofimus, orang Efesus itu bersamanya di kota, yang mereka duga telah dibawa Paulus ke dalam Bait Allah.) Kisah 21: 27-29

Cobalah untuk memahami pentingnya semua ini. Di sini kita memiliki dalam kitab Wahyu kata-kata Yesus memuji gereja Efesus karena menolak seseorang yang mengaku sebagai rasulnya, sementara Paulus adalah satu-satunya orang selain dua belas rasul asli yang mengaku sebagai rasul ... dan kami tahu dia telah membuat klaim yang sangat ke gereja Efesus yang sama ini . Pada saat yang sama, Paulus menyesali dirinya dari kenyataan bahwa ia telah ditolak oleh mereka! Bagaimana mungkin BUKAN Paulus dan rekan-rekannya bahwa Yesus memuji gereja Efesus karena menolak? Mungkinkah ini jauh lebih jelas? Inilah faktanya, diparafrasekan, sekali lagi. 

Paulus kepada jemaat Efesus: "Aku adalah rasul Yesus"
Jemaat Efesus kepada Paulus: "Bukan, kau bukan rasul Yesus!."
Yesus kepada jemaat Efesus: "Bagus!" 

Setidaknya ini seharusnya menimbulkan pertanyaan serius tentang Paulus. Ketika kita menambah bukti yang tersisa terhadap doktrinnya, serta fakta yang terdokumentasi bahwa dia langsung berbohong beberapa kali (seperti yang akan ditunukkan pada tulisan-tulisan berikutnya), kita memiliki lebih dari cukup alasan untuk melakukan seperti gereja Efesus dan menghukum Paulus atas kejahatan memalsukan jatidiri seorang rasul!

Deskripsi Yesus tentang Paulus dalam Wahyu adalah bahwa ia adalah rasul palsu, dan pembohong. Pertimbangkan kata-katanya berikut ini.

"Dia yang memiliki telinga, biarkan dia mendengar apa yang dikatakan Roh kepada gereja-gereja."


[Alih bahasa bebas dari Jesus for Judaism vs Paulus for Christianity]


More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *