Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Monday, April 11, 2016

Apa Agama Yesus? Monday, April 11, 2016


[Tayang Ulang] Menyibak Tabir Di Balik Doktrin Kristen

Ini seharusnya bisa jadi bahan diskusi yang menarik sekaligus edukatif bila yang ikut berdiskusi memang memiliki cukup pengetahuan untuk menjawab peertanyaan ini:

APA AGAMA YESUS?

Jika jawabannya:
"Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat manusia, maka dia tak perlu agama dan dengan sendirinya tak beragama."
Maka, pernyataan pengikut Paulus bahwa Yesus tak beragama ini bisa dipahami.

Artinya;
YESUS ADALAH SEORANG ATHEIST!

Sementara menurut salahsatu pengajar Sekolah Tinggi Teologi “Apostolos”, Yesus beragama Yahudi. Nah, jika memang demikian, mengapa pengikutnya kok tidak beragama Yahudi?
Ada pula yang berpendapat dan percaya bahwa Yesus beragama Katolik. Tapi jika Yesus beragama Katolik, mana dalilnya? Kapan Yesus menyatakan bahwa dirinya beragama Katolik?
Di sisi lain tidak sedikit pula umat reformis Protestan mengklaim bahwa Yesus beragama Protestan, atau paling tidak, berorientasi sama dengan cara pikir para pendiri Protestan. 
Tapi ini tentu saja lebih tidak masuk akal lagi, sebab Protestan baru lahir pada abad ke-16, saat bergulirnya pergerakan Reformasi gereja yang dimotori oleh Martin Luther dan John Calvin.
Pendeta Yosias Leindert Lengkong dalam buku Bila Mereka Mengatakan Yesus Bukan Tuhan menyebutkan, istilah “Kristen” muncul di Antiokhia pada 41 Masehi. Dan, yang mengucapkan kata “Kristen” atau “Kristianos” bukan murid Yesus atau orang terpercaya, tapi justru orang-orang luar (hlm.77). Pendapat ini cukup beralasan, karena dalam Alkitab, Yesus tak pernah bersinggungan dengan kata “Kristen”.
Kata ini, muncul pertama kali di Antiokhia setelah Yesus tidak ada. (Lihat Kisah Para Rasul 11:26). Jelaslah, Yesus tak beragama Kristen, baik Katolik maupun Protestan.
Riwayat penyebutan “Kristen” tidak bersumber dari Yesus, apalagi pernah dikenal dan diajarkan oleh Yesus. Label dan penamaan Kristen diberikan pada mereka yang mengaku (dan mengira dirinya) sebagai pengikut Yesus, setelah bertahun-tahun Yesus tidak ada.
Sementara di seberang sana, kaum terpelajar Islam pada umumnya meyakini bahwa Yesus beragama Islam. Namun tentu saja ini mendapat perlawanan keras dari rata-rata umat Kristen. Walaupun tudingan mereka bahwa umat Islam sok tau karena seenaknya “meng-Islamkan” Yesus sebenarnya tidak tepat.
Kenapa?
Karena, yang menyatakan bahwa Yesus, atau nabi Isa Almasih beragama Islam bukan umat Islam, melainkan Allah SWT, Tuhannya Yesus sendiri!
Dalam Al-Quran disebutkan, satu-satunya agama yang diridhai Allah hanyalah Islam (QS Ali Imran: 19, 85, 102). Karenanya, praktis semua nabi utusan Allah tentu saja beragama Islam dan pengikutnya disebut muslim (QS Ali Imran: 84). Artinya, sesungguhnya Islam telah diajarkan oleh para nabi terdahulu (QS Al-Hajj: 78).
Nah, karena Isa Almasih adalah Nabi Allah, maka beliau dan pengikutnya (Hawariyyun) pun termasuk individu-individu yang beragama Islam (QS Al-Maidah: 111, Ali Imran: 52).
Semua nabi beragama dan berakidah sama, yakni Islam. Perbedaan mereka hanya pada syariatnya masing-masing (QS Al-Hajj: 67-68). 
Rasulullah saw bersabda: “Aku adalah orang yang paling dekat dengan Isa putra Maryam di dunia dan akhirat. Dan semua Nabi itu bersaudara karena seketurunan, ibunya berlainan sedang agamanya satu (ummahatuhum syattaa wa dinuhum wahid),” [HR Bukhari dari Abu Hurairah].
Islam tidak mengklaim sebagai agama baru yang dibawa oleh nabi Muhammad ke jazirah Arabia, melainkan sebagai pengungkapan kembali dalam bentuknya yang terakhir dari agama yang diridhai oleh Allah SWT yang sesungguhnya, sebagaimana ia telah diturunkan pada Adam dan nabi-nabi setelahnya.
Satu-satunya kitab suci di dunia yang mengungkapkan agama Yesus, hanya Al-Quran. Al-Quran menyebutkan dengan tegas bahwa Nabi Isa sebagai Muslim, sedangkan Bibel sama sekali buta tentang agama Yesus dan tidak berani menyebutkan Yesus beragama Kristen atau Yahudi.
Tinggal pertanyaannya sekarang ....

Lha, kok berani-beraninya umat Kristen mengaku-ngaku sebagai pengikut Yesus, sedangkan Yesus sendiri tidak pernah mengenal apa itu kristen?
[Sumber: GM | Menjawab]

More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *