Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Sunday, November 4, 2018

Rasulullah SAW Dan Mukjizatnya Sunday, November 4, 2018

Mukjizat berasal dari bahasa Arab معجزة dari kata al-i'jaz, yang berasal dari akar kata 'ajaza, artinya melemahkan. Mukjizat "ditunjukkan" oleh Allah SWT melalui Nabi atau Rasul-Nya untuk membuat suatu kaum menjadi tidak berdaya. Ia merupakan peristiwa atau kejadian sangat luar biasa sehingga mustahil ada manusia yang mampu mendatangkan hal yang menyerupainya.

Menurut istilah, mu’jizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi dalam diri atau melalui tangan Nabi atau Rasul Allah SWT. Mukjizat dimaksudkan untuk membuktikan kenabian atau kerasulan seorang Nabi atau Rasul -- bahwa benar dirinya adalah utusan Allah SWT -- yang tidak mungkin ditiru oleh siapapun, guna melemahkan segala bentuk usaha dan alasan orang-orang kafir penentang risalah para Nabi dan Rasul yang berasal dari Allah SWT, sekaligus untuk menyeru kepada umat manusia agar percaya akan keesaan Allah.

Dengan demikian, mukjizat dapat disimpulkan sebagai:
1. Bukti Kemahakuasaan Allah yang ditunjukkan kepada manusia melalui tangan Nabi dan Rasul-Nya,
2. Bukti bahwa manusia yang mentransmisi mukjizat Allah adalah Nabi dan atau Rasul Allah,
3. Bukti bahwa semua Nabi dan Rasul Allah dapat menunjukkan mukjizat Allah.    

Sebagai Nabi sekaligus Rasul Allah, dengan sendirinya Nabi Muhammad SAW juga termasuk mereka yang mendapat perkenan Alah untuk menunjukkan mukjizat-Nya kepada orang-orang yang meragukan keberadaan dan kekuasaan Allah.

Beberapa catatan seputar mukjizat Nabi Muhammad SAW di antaranya adalah sbb: 
Mukjizat Rasulullah SAW

More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *