Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Friday, March 17, 2017

Tingkatan Neraka dan siapa saja calon penghuninya Friday, March 17, 2017


Neraka adalah tempat untuk menebus dosa bagi orang-orang dzalim yang selama hidupnya mendzalimi dirinya sendiri dengan cara menentang syariat dari Allah SWT.

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa orang-orang dzalim tersebut kelak akan kekal terbakar di neraka, di mana berbagai jenis siksaan akan mereka alami sebagai ganjaran atas dosa-dosanya.

Neraka sendiri mempunyai tingkatan dan kategorinya masing-masing berdasarkan pada perbuatan dosa yang dilakukan. Al-Quran menyebutkan bahwa ada 8 nama-nama neraka beserta dengan tingkatannya. Berikut nama-nama neraka, dosa-dosa, dan calon penghuninya.

Nama-nama Neraka
Dikutip melalui buku berjudul Agar Pintu Surga Terbuka Untukmu ditulis oleh Haidar Musyafa (2014), berikut ini kedelapan nama-nama neraka.

1. Neraka Jahannam
Neraka Jahannam adalah salah satu nama neraka yang sudah tidak asing lagi terdengar. Neraka Jahannam menduduki tingkatan pertama atau tingkatan yang paling atas dari neraka. Neraka Jahannam akan digunakan oleh umat Nabi Muhammad SAW yang senang melakukan maksiat atau dosa besar, namun tidak segera bertaubat kepada Allah SWT.

Orang-orang yang berada di neraka ini akan disiksa sesuai dengan banyaknya dosa selama di dunia. Tak hanya itu, calon penghuni neraka Jahannam adalah orang-orang yang durhaka, munafik, kafir, dan selalu mengabaikan perintah dari Allah SWT seperti yang diriwayatkan dalam Al-Quran; 

وَعَدَ اللّٰهُ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْمُنٰفِقٰتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ هِيَ حَسْبُهُمْۚ وَلَعَنَهُمُ اللّٰهُۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيْمٌۙ
"Allah mengancam orang-orang yang munafik baik laki-laki dan perempuan serta orang-orang kafir dengan neraka Jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah (neraka) itu bagi mereka. Allah melaknat mereka. Bagi mereka azab yang kekal." (QS. At-Taubah:68)

2. Neraka Saqar
Neraka Saqar adalah neraka yang diciptakan khusus bagi orang-orang yang tidak mengerjakan sholat, orang yang suka membicarakan keburukan orang lain, orang yang mendustakan hari pembalasan, dan orang-orang yang tidak menyantuni orang miskin padahal mampu.

Neraka Saqar juga menjadi tempat kembali bagi orang-orang tersesat dan berdosa. Hal ini disebutkan dalam firman Allah; 


مَا سَلَكَكُمْ فِى سَقَرَ قَالُوا۟ لَمْ نَكُ مِنَ ٱلْمُصَلِّينَ
"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar, lalu mereka menjawabnya: kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat." (QS. Al-Mudatsir:42-43)

3. Neraka Huthamah
Neraka Huthamah adalah neraka yang diciptakan untuk orang-orang yang senang berghibah dan mengumpat. Selain itu calon penghuni dari neraka ini juga orang-orang yang suka mengadu domba dan orang-orang yang terlena dengan kekayaan yang sedang mereka miliki.

Orang-orang ini menganggap bahwa harta adalah segalanya. Padahal harta ini tidak berguna di akhirat jika tidak digunakan untuk perbuatan baik sebagaimana firan Allah;


"Sungguh celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitungnya, dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Pastilah dia akan dilemparkan ke dalam neraka Huthamah. Dan tahukah kamu apakah neraka Huthamah itu? Yaitu api Allah yang dinyalakan dan membakar sampai ke hati, sungguh, api tersebut ditutup rapat atas diri mereka, sedangkan mereka itu diikat pada tiang-tiang yang panjang." (QS. Al-Humazah:1-9)

4. Neraka Jahiimm
Neraka Jahiim adalah neraka yang digunakan untuk menyiksa orang-orang musyrik atau yang menyekutukan Allah SWT. Neraka Jahiim memiliki api yang menyala-nyala dan melahap. Hal ini disebutkan dalam firman Allah:  

وَبُرِّزَتِ ٱلْجَحِيمُ لِلْغَاوِينَ
"Dan kemudian diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat." (QS. Asy-Syu'ara: 91)

5. Neraka Lazha
Lazha diartikan sebagai menyala-nyala. Ini artinya, neraka Lazha adalah neraka dengan api menyala-nyala dan berkobar. Neraka Lazha calon penghuninya adalah orang-orang yang mendustakan kebenaran, berpaling dari keimanan kepada Allah SWT, dan mengikuti jejak setan.

Orang-orang ini adalah golongan orang paling celaka yang ada pada penghujung hidupnya. Ini disebutkan dalam firman Allah: 

"Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk, Dan sesungguhnya kepunyaan Kamilah akhirat dan dunia. Maka, kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala. Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, Yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman)." (QS. Al-Lail: 12-16) 

6. Neraka Havia atau Neraka Wail
Neraka Havia atau Wail adalah neraka tingkatan keenam. Neraka Havia dikenal dengan tempat penderitaan terdalam. Calon penghuni dari neraka ini adalah orang-orang yang berbuat curang dalam mengukur dan menimbang urusan dunia. Atau biasa dikenal dengan pedagang culas.

Dagangan mereka kelak akan dibakar dan dimasukkan dalam perut sebagai azab atas perbuatan yang sudah mereka lakukan selama ini. Nama dari neraka Wail disebutkan dalam firman Allah: 

وَيْلٌ لِّلْمُطَفِّفِيْنَۙ الَّذِيْنَ اِذَا اكْتَالُوْا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُوْنَۖ وَاِذَا كَالُوْهُمْ اَوْ وَّزَنُوْهُمْ يُخْسِرُوْنَۗ
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi." (QS. Al Muthaffifin: 1-3)

7. Neraka Sair
Neraka Sair adalah tingkatan neraka selanjutnya. Neraka Sair menjadi seburuk-buruknya tempat untuk kembali. Calon penghuni neraka Sair adalah orang-orang yang mengabaikan peringatan, membantah tentang Allah tanpa memiliki ilmu pengetahuan, dan mereka yang menjadi pengikut setan.

Selain itu, neraka ini juga dihuni oleh orang-orang yang semasa hidupnya berbuat zalim, yakni dengan memakan harta anak yatim. Neraka Sair juga menjadi tempat bagi orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah SWT dan menentang dakwah dari para nabi serta rasul. Hal ini disebutkan dalam firman Allah: 

خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا ۖ لَّا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا. إِنَّ ٱللَّهَ لَعَنَ ٱلْكَٰفِرِينَ وَأَعَدَّ لَهُمْ سَعِيرًا
"Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka), Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak memperoleh seorang pelindung pun dan tidak pula seorang penolong." (QS. Al-Ahzab: 64-65)

8. Neraka Hawiyah
Neraka Hawiyah adalah neraka yang ada di tingkat terakhir atau paling bawah. Neraka Hawiyah digambarkan sebagai jurang yang gelap dan dalam. Calon penghuni dari neraka Hawiyah adalah orang yang semasa hidupnya menjadi orang munafik.

Ini sesuai dengan firman Allah SWT yang menyebutkan bahwa orang munafik akan ditempatkan pada tingkatan terbawah.

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَٰزِينُهُۥ فَأُمُّهُۥ هَاوِيَةٌ وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا هِيَهْنَارٌ حَامِيَةٌۢ
"Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikannya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas." (QS. Al-Qariah: 8-11)

Demikian gambaran ringkas neraka yang dijanjikan oleh Allah akan menjadi tempat kembali bagi manusia-manusia pendosa.


More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *