Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Thursday, June 12, 2014

Populasi Muslim Dunia Terus Meningkat Thursday, June 12, 2014


Pusat Kajian Agama dan Kehidupan Publik Pew (<a href="http://www.pewforum.org/">Pew Forum on Religion and Public Life</a>) Amerika, baru-baru ini merilis laporannya tentang jumlah kaum muslimin di seluruh dunia. Ada beberapa data-data menarik yang layak diketahui.

Berdasarkan laporan tersebut, jumlah kaum muslimin di seluruh dunia telah melampaui 1,5 milyar muslim, atau sama dengan seperempat jumlah penduduk bumi seluruhnya. Inipun oleh seorang pengamat Islam; DR. Ahmad Isa, dianggap bahwa jumlah kaum muslimin sebenarnya lebih dari apa yang dilaporkan oleh lembaga tersebut.

Dari jumlah tersebut, populasi kaum muslimin terbesar berada di Asia, bahkan di antara sepuluh Negara berpenduduk muslim terbesar, tujuh di antaranya di Asia. Kesepuluh Negara tersebut adalah; Indonesia (203 juta), Pakistan (174 juta), India (161 juta), Bangladesh (145 juta), Mesir (79 juta), Nigeria (78 juta), Iran (74 juta), Turki (74 juta), Aljazair (34 juta) dan Maroko (32 juta). Dengan demikian 62% populasi kaum muslimin menetap di Negara-negara Asia, sejak dari sisi barat Turki hingga sisi Timur Indonesia. Sedangkan di Timur Tengah dan Afrika Utara, keseluruhan kaum muslimin hanya mencapai 20 % saja dari seluruh kaum muslimin yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang mendunia, bukan semata-mata milik bangsa Arab sebagaimana yang sering dikatakan sebagian orang.

Tabel jumlah kaum muslimin berdasarkan benua

Wilayah                                   Jumlah [juta]      % muslim                  % muslim sedunia
Asia                                        972,6                 24,1%                       61,9%
Tim-Teng dan Afrika Utara        315,3                 91,2%                       20,1%
Afrika lainnya                           240,6                 30,1%                       15,3%
Eropa                                        38,1                  5,2%                         2,4%
Benua Amerika                            4,6                  0,5%                         0,3%

Bahkan menurut laporan lembaga ini bahwa terdapat beberapa negara yang selama ini sama sekali tidak dikenal sebagai Negara muslim, ternyata di dalamnya terdapat komunitas muslim yang sangat besar, seperti Rusia, Cina dan India. India yang dikenal sebagai Negara Hindu misalnya, ternyata di dalamnya terdapat 161 juta kaum muslimin, melebihi jumlah Negara Islam manapun kecuali Indonesia dan Pakistan. Di Cina, berdasarkan laporan tersebut, populasi kaum muslimin mencapai 20 juta orang. Inipun oleh para pengamat masih dianggap jauh dari jumlah sebenarnya. Karena beberapa penelitian, termasuk yang bersumber dari kalangan muslin Cina, jumlah mereka dapat mencapai 100 juta orang.

Di Eropa, jumlah kaum muslimin juga terus bertambah. Sebagian orang mengira bahwa penganut Islam di Eropa hanyalah para pendatang. Namun berdasarkan laporan ini, setengah dari penganut Islam di Eropa adalah penduduk Asli, khususnya wilayah Rusia, Albania dan Kosovo. Kemudian di Eropa barat, setengah dari kaum muslimin di sana telah menetap di Eropa sejak lahir.

Ada perbandingan cukup unik di antara beberapa negara yang tidak dikenal sebagai negara muslim. Di antaranya, bahwa jumlah kaum muslimin di Jerman, melebihi jumlah kaum muslimin di Libanon. Jumlah kaum muslimin di Rusia, lebih banyak dari jumlah kaum muslimin di Yordan dan Libiya. Jumlah kaum muslimin di Etiopia, melebihi jumlah kaum muslimin di Afghanistan. Sedangkan jumlah kaum muslimin di Cina, melebihi jumlah kaum muslimin di Suriah.

Vatikan sendiri, yang mewadahi Kristen Katolik sedunia dalam laporannya pada tahun lalu (2010) mengumumkan bahwa populasi kaum muslimin telah melampaui jumlah kaum Kristen Katolik sedunia yang  1,3 milyar. Berdasarkan laporannya, pada awal abad 20 (1900) jumlah kaum muslimin hanya 12,3% dari seluruh penduduk bumi, namun jumlahnya terus bertambah hingga mencapai 23% dari keseluruhan penduduk bumi. Selain faktor kelahiran, tidak dapat dipungkiri, non muslim yang masuk Islam juga sangat mempengaruhi angka tersebut.

Disebutkan pula dalam laporan ini bahwa pengikut suni di kalangan muslim mencapai 1,4 milyar, melebih pengikut Katolik yang berjumlah 1,3 milyar.

Percaya atau tidak, ini adalah dampak dari Tragedi 911 yang secara sembrono telah dituduhkan sebagai tanggungjawab umat Islam!

Semoga mereka yang berakal dapat memetik pelajaran dari fenomena anomali ini. 


[Sumber: Mujtama |islamedia | Data 2011] 

More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *