Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Monday, September 7, 2020

Dapatkah Umat Yahudi dan Kristen Benar-Benar Berdamai? Monday, September 7, 2020


Dapatkah Umat Yahudi dan Kristen Benar-Benar Berdamai?


Konsili Vatikan 1965, dan upaya selanjutnya oleh Gereja untuk berdamai dengan Yudaisme, tidak memenangkan hati orang Yahudi Ortodoks yang percaya bahwa pembacaan Kitab Suci merekalah yang benar - bukan pembacaan orang Kristen. Sebuah buku baru membahas hubungan yang tidak nyaman ini

Setelah bertahun-tahun Esau membenci Yakub, saudara-saudara itu bertemu. Esau bergegas ke Yakub, memeluknya, jatuh di lehernya, menciumnya, keduanya menangis. Rekonsiliasi yang mendebarkan. Tetapi orang bijak Yahudi, menurut Midrash Bereshit Rabbah 78, tidak terpikat pada rekonsiliasi ini. Mereka menempatkan titik-titik di atas kata Ibrani vayeshakehu ("dia menciumnya," Kejadian 33: 4), menandakan penghapusan. Tetapi penghapusan bukanlah pilihan yang nyata - itu, bagaimanapun juga, sebuah kata dalam Taurat - jadi mereka melakukan penghapusan "pura-pura". Mereka mengklaim bahwa ciuman Esau adalah salah satu tipuan, dan niatnya bukanlah untuk mencium (nishek) dia tetapi untuk menggigit (nashakh) - permainan kata yang bagus.

Lalu, mengapa mereka menangis? Karena keajaiban terjadi dan leher Yakub mengeras dan mencegah gigitan dari kerusakan; yang satu menangis untuk lehernya sementara yang lain menangis untuk giginya. Lucu? Tentu saja tidak. Untuk orang bijak pada periode rabi, Esau adalah metonim untuk Roma dan kemudian untuk agama Kristen. Kemungkinan bahwa Roma akan berdamai dengan keturunan Yakub, orang Yahudi, tidak pernah terpikir oleh mereka.

Tetapi itu terjadi di Roma, pada tahun 1965. Konsili Vatikan Kedua menerbitkan "Nostra aetate," sebuah dokumen di mana Gereja Katolik menyatakan pengabaian warisan anti-Yahudi dan keinginannya untuk berdamai dengan Yudaisme.

Sebuah buku baru yang mencerahkan dan penting oleh sejarawan Karma Ben Johanan, “Rekonsiliasi dan Ketidakpuasannya: Ketegangan yang Tidak Terselesaikan dalam Hubungan Yahudi-Kristen,” membahas konsepsi timbal balik dari Katolik dan Yahudi Ortodoks di era rekonsiliasi. Bagian pertama ditujukan untuk antusiasme pihak Kristen dalam mendekatkan diri kepada orang-orang Yahudi, serta dengan perdebatan internal yang muncul di Gereja setelah rekonsiliasi. Di bagian kedua, buku ini membahas tanggapan dingin Yudaisme Ortodoks, termasuk kecurigaan yang ditimbulkan oleh keinginan umat Kristiani untuk membuka lembaran baru, dan kekhawatiran para rabi atas kemungkinan kedekatan yang berlebihan.

Buku memukau karya Ben Johanan, seorang sarjana relasi dan teologi Kristen-Yahudi yang saat ini mengajar di Universitas Humboldt Berlin, didasarkan pada penelitian perpustakaan dan wawancara pribadi dengan beberapa protagonisnya. Ini ditulis dengan momentum ilmiah dan memperkaya pembaca dengan informasi penting untuk membantu kita memahami diri kita sendiri dan Yang Lain. Penulis harus diberi selamat atas tulisannya yang bagus, gaya yang segar, dan pergantian frasa yang fasih dan meyakinkan.

Sebagaimana dicatat, di bagian awal buku itu, Ben Johanan menjelaskan upaya intens para teolog Katolik untuk memahami makna Holocaust dan warisan anti-Yahudi Gereja. Di satu sisi, ada perasaan bersalah dan penerimaan tanggung jawab; di sisi lain, ketakutan akan runtuhnya infrastruktur teologis yang telah mengkristal selama hampir 2.000 tahun. Deklarasi Konsili Vatikan Kedua menutup satu bab dalam sejarah agama Kristen dan membuka yang baru. Keputusan yang diambil, bagaimanapun, menimbulkan pertanyaan baru, yang masih belum terselesaikan sampai sekarang.

Deklarasi tersebut melibatkan pengunduran diri dari dua postulat fundamental mengenai orang Yahudi: rasa bersalah atas penyaliban Yesus dan klaim bahwa mereka tidak lagi menjadi apa yang disebut sebagai orang-orang pilihan. Gagasan ketiga, aspirasi untuk melihat pertobatan mereka di Akhir Zaman, menyerah pada harapan bahwa di masa depan semua orang akan dipersatukan dalam kepercayaan kepada satu Tuhan, sebuah rumusan yang mengandung corak alkitabiah yang akrab. Dua masalah tetap terbuka: pengasingan Yahudi dan pendirian Negara Israel.


Setelah orang-orang Yahudi dibebaskan dari pembunuhan Yesus, dan setelah diputuskan bahwa mereka terus dikasihi oleh Tuhan, pertanyaan-pertanyaan kemudian muncul tentang mengapa mereka dihukum dengan diasingkan dan apa arti dari pendirian kembali negara Yahudi. Jika orang Yahudi masih dikasihi, apa validitas dogma Gereja kuno yang menyatakan bahwa "tidak ada keselamatan di luar Gereja"? Apakah orang Yahudi dibebaskan dari aturan ini?

Penulis menunjuk pada bangkitnya tren konservatif setelah Konsili Vatikan II, tidak hanya sebagai respon alami atas kemenangan para reformis di badan itu, tetapi juga dengan latar belakang pemberontakan mahasiswa tahun 1968 di Eropa Barat dan Amerika Serikat. , yang menimbulkan kekhawatiran tentang erosi kepercayaan yang akan membuat orang percaya meninggalkan iman mereka.

Buku tersebut dengan gamblang menggambarkan kesiapan Gereja untuk menghadapi tantangan modernitas, untuk melihat ke cermin dan melakukan pemeriksaan diri tanpa takut mengguncang fondasi yang berdiri. Tidaklah mudah bagi sebuah agama berusia 2.000 tahun untuk menarik kembali dogma yang diperintahkan oleh milyaran orang untuk mengikutinya. Bukan masalah kecil untuk melontarkan kritik pada individu-individu terhormat yang dikanonisasi, pada buku-buku kanonik yang diajarkan dari generasi ke generasi. Sebuah agama, pada dasarnya, merasa sulit untuk memeriksa dirinya sendiri secara kritis, karena dengan melakukan itu aspirasinya terhadap kebenaran metafisik telah hilang. Seorang paus yang duduk di atas takhta Petrus tidak ingin menyatakan bahwa semua pendahulunya salah.

Paus Paulus VI selama Konsili Vatikan Kedua. [Foto: Peter Geymayer]

Ben Johanan menggambarkan keberanian, ketulusan dan tekad para pendukung reformasi di Gereja, yang menghadapi keragu-raguan dan ketakutan dari kubu konservatif. Poin terpenting dari bukunya adalah deskripsi yang gamblang tentang kunjungan Paus Yohanes Paulus II ke Israel pada Maret 2000. Doa yang dia ucapkan di Tembok Barat, pidatonya di peringatan Holocaust Yad Vashem dan permintaan pengampunannya dari orang-orang Yahudi. mengobarkan pergeseran yang dalam dalam hubungan antara orang Yahudi dan Kristen. Gerakan simbolisnya menciptakan dialog jenis baru, berdasarkan persahabatan manusiawi dan diplomatik yang mendorong argumen doktrinal ke sudut pandang segelintir ahli.

Masalah 'penyembahan berhala'
Di bagian kedua, buku ini menyajikan wacana internal Yahudi Ortodoks tentang Kekristenan. Penulis sengaja memilih Ortodoksi, dari semua pilihan, sebagai penyeimbang Gereja Katolik karena kedudukan hegemoniknya di Israel dan peran pentingnya dalam mendefinisikan identitas Yahudi, meskipun diragukan pilihan ini akan disukai oleh orang-orang Yahudi Amerika liberal. Pada akhirnya, Ben Johanan menyimpulkan bahwa, sementara wacana Kristen bertujuan untuk perdamaian, wacana Yahudi Ortodoks menanggapi agama Kristen dengan permusuhan yang semakin meningkat, yang mendahului Konsili Vatikan Kedua dan diperdalam setelahnya.

Salahsatu contohnya adalah diskusi halakhic tentang apakah agama Kristen termasuk avoda zara - Ibrani untuk "penyembahan berhala." Selama Abad Pertengahan, ada perbedaan pendapat tentang masalah ini. Beberapa mengakui bahwa orang Kristen percaya pada sumber ketuhanan dari Taurat dan niat religius mereka tulus. Namun, di mata sebagian besar hakim rabbi yang memutuskan masalah halakha, kepercayaan pada keilahian Yesus dan Tritunggal Mahakudus dianggap sebagai bukti multiplisitas dewa, karenanya penyembahan berhala. Hubungan yang lebih dekat antara orang Yahudi dan Kristen di era modern mungkin telah menghasilkan ekspektasi pelunakan terhadap agama Kristen, tetapi seperti Yosef Salmon, seorang profesor sejarah, dan Prof. Aviad Hacohen, seorang sarjana hukum telah menunjukkan, Ortodoksi Yahudi modern terus memandang Kristen sebagai penyembahan berhala. Memang menurut Ben Johanan,

Sikap yang semakin negatif terhadap agama Kristen juga terlihat dalam upaya mengembalikan ekspresi literatur Yahudi yang bertentangan dengan agama Kristen dan untuk mengungkapkan kembali kebenaran baru yang disembunyikan dan disensor, sejak penemuan percetakan, karena takut menimbulkan murka Kristen. Di antara sensor di masa lalu, beberapa benar-benar ingin menjadi orang Yahudi yang tercerahkan, seperti yang ditunjukkan oleh sejarawan Israel Amnon Raz-Krakotzkin. Normalisasi dan kebebasan politik menghilangkan rasa takut terhadap Kristen dan berfungsi untuk mengkompensasi inferioritas yang dirasakan orang Yahudi selama ini.

Tidaklah mudah bagi sebuah agama berusia 2.000 tahun untuk menarik kembali dogma yang diperintahkan oleh milyaran orang untuk mengikutinya.

Pertanyaan lain yang dipertimbangkan oleh literatur halakhic adalah apakah, sekarang setelah orang Yahudi memiliki kekuasaan, Negara Israel harus menghancurkan gereja-gereja di bawah kekuasaannya, atau apakah tindakan ini harus dihindari hanya karena takut membuat marah "goyim," seperti Rabbi Yehuda Gershuni (murid Rabbi Abraham Isaac Kook) dan Rabbi Menachem Kasher dipertahankan.

Pendekatan yang lebih ekstrim juga terlihat di ranah musik. Pada abad ke-19, Rabbi Moshe Hazan memuji musik Kristen secara efektif, sedangkan Rabbi Eliezer Waldenberg (wafat 2006) mengungkapkan keterkejutannya atas pendekatannya. Saya harus mencatat bahwa bukan hanya nyanyian religius yang mengganggu Ortodoks. Dalam dua kesempatan saya telah menemukan tanggapan yang bermusuhan terhadap nyanyian Schiller "Ode to Joy" ("Semua orang menjadi saudara") di Beethoven's Ninth, karena dianggap sebagai "musik Kristen."

Salah satu inovasi penting buku ini adalah pembahasannya tentang makna religius sejarah Yahudi dalam aliran pemikiran Rabbi Yehuda Ashkenazi (dijuluki "Manitou") dan para rabi dari lingkarannya. Mereka sebagian besar dididik di Prancis dan berimigrasi ke Israel setelah Perang Enam Hari, mendekati Mercaz Harav Yeshiva, sebuah lembaga kunci dari gerakan keagamaan nasional, yang didirikan oleh Rabbi Kook di Yerusalem. Ashkenazi termasuk di antara sedikit tokoh dalam Yudaisme Ortodoks yang relatif mengenal agama Kristen. Dia menyatakan bahwa selama 2.000 tahun Kekristenan mengklaim bahwa orang-orang Yahudi tidak memahami kitab suci mereka sendiri, bahwa mereka bukan lagi Israel pilihan dan bahwa mereka dihukum dengan pengasingan karena menyalibkan anak Tuhan. Tuduhan ini mengancam identitas diri orang Yahudi.

Menurut Ashkenazi, banyak hal berbalik setelah berdirinya Israel. Sekarang, agama Kristen yang menderita karena kehilangan identitas diri. Bukan mata orang Yahudi yang ditutupi oleh tabir yang mencegah mereka untuk memahami Perjanjian Lama; itu adalah orang Kristen yang buta dan tidak mengerti Perjanjian Baru. Penegakan kembali kedaulatan orang Yahudi membuktikan bahwa orang Yahudi benar dalam perselisihan mereka yang berkepanjangan dengan agama Kristen. Realisasi nubuatan tentang kembalinya ke Sion membuktikan bahwa penafsiran orang Yahudi terhadap Alkitab, bukan yang Kristen, adalah yang benar. Alih-alih orang Yahudi melayani sebagai "saksi iman" untuk pembenaran agama Kristen, Ashkenazi mengatakan, sekarang orang Kristen melayani sebagai saksi yang heran dengan kebangkitan orang Yahudi.

Dengan demikian interpretasi baru tentang penciptaan Negara Israel berkembang. Bukan hanya "rumah nasional" seperti yang dimiliki orang lain, tetapi acara keagamaan yang dimaksudkan untuk menyangkal iman Kristen. Segalanya menjadi kacau balau, "dan waktunya telah tiba untuk membalikkan metode ini," tulis Manitou.
Rabbi Kook

Salah satu dari sekian banyak keutamaan buku Ben Johanan adalah pengamatannya yang mendalam tentang mosaik konseptual kedua agama, dan bagaimana gagasan agama baru berkembang di tengah pelestarian yang tak terputus dari koherensi dan keseimbangan batin totalitas pemikiran keagamaan. Berbeda dengan citra beku mereka, kedua agama bergerak dan bergeser tanpa henti dengan kesadaran penuh tentang diri mereka sendiri, keadaan historis dan ide-ide yang berseliweran di sekitar mereka.

'Acara alkitabiah'
Banyak refleksi muncul di benak saya saat membaca buku ini, dan saya ingin menyajikan tiga di sini. Yang pertama adalah kemiripan yang tampak dan mengejutkan antara penafsiran sejarah yang dikemukakan oleh kalangan "Prancis", dan penafsiran para Bapa Gereja. Memang, doktrin Augustinian tampaknya menikmati kebangkitan di Mercaz Harav Yeshiva. Hampir pada saat yang sama dunia Katolik mundur dari teologi lama yang melihat dalam sejarah realisasi kemenangan Gereja atas Yudaisme - teologi yang sama itu, dalam bentuk sebaliknya, memperoleh kehidupan baru di antara para pengikut mesianisme Zionis Yahudi. Titik balik dalam Susunan Kristen terjadi pada tahun 1965; di komunitas Yahudi itu pada tahun 1967. Menurut Oury Cherki, salah satu rabi dari lingkaran itu, Perang Enam Hari harus diadakan dalam perhatian yang lebih tinggi daripada Perang Kemerdekaan. Itu adalah "peristiwa alkitabiah dalam segala arti kata." Sekarang giliran orang Yahudi untuk melihat sejarah sebagai menyadari kemenangan Yudaisme atas Gereja.

Sayangnya, sementara Gereja bergerak maju dan menyerukan konsiliasi antaragama dan persaudaraan, lingkaran Ortodoks Yahudi menghidupkan kembali kontroversi lama dan mengklaim kemenangan. Rabbi Cherki bahkan mengharapkan orang-orang Kristen untuk percaya pada orang-orang Yahudi menggantikan Yesus, karena “Yahudi adalah yang ilahi”! Manitou menulis, "Secara bertahap orang-orang Kristen menemukan bahwa orang Yahudi tidak perlu menjadi Kristen tetapi orang Kristen perlu menjadi Yudai."

Memang, mungkin menyenangkan untuk percaya bahwa musuh itu salah, tetapi apakah Yudaisme kontemporer ditakdirkan untuk mengulangi kesalahan yang dibuat oleh Kekristenan di masa lalu yang tidak terhormat? Daripada bercita-cita mengubah orang Kristen menjadi Yahudi dan menang dalam perselisihan agama, akan lebih baik bagi Yudaisme untuk berdamai dan menghormati agama-agama yang telah diciptakan oleh peradaban manusia.

Sementara wacana Kristen bertujuan untuk konsiliasi, wacana Yahudi Ortodoks menanggapi agama Kristen dengan permusuhan yang tumbuh, yang terjadi sebelum Konsili Vatikan Kedua dan diperdalam setelahnya.

Keterkaitan yang tidak disadari dengan pola pemikiran Kristen juga terlihat dalam konsepsi Yahudi Diaspora yang tidak memiliki rumah dan karenanya bersifat universal. Sedangkan di mata filsuf George Steiner dan Satmar Rebbe ini adalah Yahudi yang ideal, menurut doktrin Abraham Isaac Kook, Yahudi Diaspora tampil hampir seperti seorang Kristen. Putusnya hubungan praktis dari kehidupan politik membuatnya menjadi makhluk abstrak yang terasing, sama seperti agama Kristen yang lebih memilih untuk berpantang dari kehidupan material, perintah-perintah alkitabiah dan seksualitas, dan menjadi agama spiritualitas itu sendiri.

Dengan demikian, bahan baru - wilayah sakral - ditambahkan ke "negasi Diaspora" klasik Zionis. Slogan yang diadopsi oleh murid-murid Rabbi Kook, "Tanah Israel, orang Israel, Taurat Israel," menggantikan slogan Ramchal abad ke-18 (Rabbi Moshe Chaim Luzzatto), "Yang Kudus, Terpujilah Dia, Taurat, dan Israel adalah satu." Tuhan telah disingkirkan, tempatnya diambil alih oleh Tanah Israel, dan Taurat diturunkan ke tempat ketiga.

Pendekatan agama-mesianik dari para pendukung ini juga memberikan dimensi baru pada perselisihan lama antara Kristen dan Yudaisme tentang nubuatan penebusan dan penghiburan yang diucapkan oleh para Nabi Ibrani. Kekristenan memandangnya sebagai nubuatan yang telah diwujudkan pada kedatangan Yesus dan dalam Kristenisasi Kekaisaran Romawi. Pemikiran Yahudi di Abad Pertengahan menganggapnya sebagai janji masa depan yang akan datang. Sekarang masa depan telah menjadi kenyataan.

Namun orang dapat bertanya-tanya: Jika nubuatan penghancuran Bait Suci Pertama berhasil meramalkan penghancuran Yerusalem yang terjadi dekat dengan waktu mereka, dan jika nubuat pelipur lara mampu meramalkan peristiwa yang terjadi 2.500 tahun kemudian - mengapa tidak ada nabi yang meramalkan penghancuran Kuil Kedua? Dan bagaimana dengan pengasingan lama orang Yahudi, yang berlangsung selama 2.000, bukan 70, tahun, atau Shoah, bencana paling mengerikan yang pernah menimpa orang-orang Yahudi - mengapa hal itu tidak diramalkan oleh para nabi yang mengintip ke masa depan yang jauh? Setiap pembaca yang tidak bias dari nubuatan penghiburan memahami bahwa itu merujuk pada kembalinya ke Sion setelah satu-satunya peristiwa kehancuran pada tahun 586 SM yang diketahui oleh para nabi. Namun iman dan kenaifan sering kali saling terkait.

Refleksi kedua yang ditimbulkan oleh buku tersebut berkaitan dengan pekerjaannya yang hampir eksklusif dengan para rabi. Tetapi permusuhan terhadap agama Kristen juga ditemukan di antara para intelektual Ortodoks. Saya akan mencatat di sini sebagai contoh mencolok mendiang Yeshayahu Leibowitz, "imam besar" dari kiri liberal di Israel. Buku “I Wanted to Ask You, Professor Leibowitz” (Ibrani) berisi sepucuk surat yang ditulis profesor tersebut kepada David Flusser, yang adalah seorang profesor dari agama Kristen awal dan Yudaisme Bait Kedua, selama periode pengadilan Eichmann (di Yerusalem pada tahun 1961).

Prof Yeshayahu Leibowitz [Foto: Alex Levac]

Flusser telah menyatakan kepuasannya bahwa Eichmann tidak bersedia mengambil sumpah atas salinan Perjanjian Baru di pengadilan. "Eichmann memisahkan dirinya dari Tuhannya Kristen dan dengan demikian melayani Kristen," tulis Flusser. Dia menambahkan harapannya bahwa ini "akan menjadi perubahan bersejarah bagi saudara-saudara Kristen saya untuk membersihkan hati nurani religius mereka dan akan memungkinkan Gereja untuk lebih dekat dengan Bapa kita bersama di surga."

Leibowitz sangat marah atas upaya Flusser "untuk memurnikan hama [sheretz] agama Kristen dengan sejumlah alasan." Dalam pandangannya, itu adalah kebencian terhadap Yudaisme dan Yahudi yang telah melahirkan agama Kristen, dan “menemukan ekspresi yang sempurna dalam folio yang penuh dosa [dalam bahasa Ibrani avon, sinful, plus gelion, folio - permainan kata pada“ Evangelion ”] dan huruf-hurufnya dari orang murtad meskipun. "

Leibowitz menggunakan bahasa kasar terhadap agama Kristen, menahan diri dari menyebut Paulus Penginjil dengan nama dan menyebutnya murtad "oleh meskipun," berbeda dengan narasi pertobatannya dari keyakinan yang dalam dan setelah Yesus diturunkan kepadanya. Kekristenan adalah "kekejian akan kehancuran," paganisme yang memalsukan simbol-simbol yang dipalsukan dari Yudaisme. "Kami mengutuk Kekristenan tiga kali setiap hari," tulis Leibowitz.

Dia tidak berubah pikiran setelah Konsili Vatikan Kedua, melainkan berpegang teguh pada pandangannya bahwa Kekristenan adalah "paganisme". Dalam sebuah surat tahun 1987 kepada seorang koresponden yang tidak disebutkan namanya, dia menulis: “Kata-katamu membuatku curiga bahwa kamu adalah seorang murtad, dan aku tidak mau berdiskusi dengan orang murtad.” Meshumad , istilah Ibrani, adalah ungkapan yang merendahkan bagi seorang Yahudi yang telah bertobat. Leibowitz, misalnya, menyebut Heinrich Heine "tokoh paling hina dan keji dalam sejarah orang Yahudi." Dalam sebuah surat tahun 1975 ia menyebut meshumad sebagai "dibenci oleh orang-orang, pelanggar perjanjian, penghujat, penghujat dan kutukan Tuhan."

Sementara banyak lusinan siswa teologi, pendeta dan biarawan, Katolik dan Protestan, berduyun-duyun ke Yerusalem setiap tahun untuk mempelajari Yudaisme di sana, orang bahkan tidak dapat membayangkan sekolah-sekolah Israel mengajarkan Perjanjian Baru sebagai latar belakang tambahan untuk memahami Talmud.

Pada akhir kelas di Universitas Ibrani Yerusalem pada tahun 2000, di mana saya mengutip bagian-bagian dari Perjanjian Baru, seorang siswa mendekati saya dan bertanya apakah saya akan mengutip lebih banyak kutipan di kelas-kelas mendatang. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan memberinya dua jawaban. Yang pertama: ya. Kedua: Di semua 2.700 halaman Talmud Babilonia, hanya ada satu kutipan dari buku non-Yahudi, yaitu dari Perjanjian Baru (Babylonian Talmud Tractate Shabbat 116a-b). Apa yang diperbolehkan untuk Talmud diperbolehkan juga untuk seorang talmid (murid). Dia tidak pernah muncul di kelasku lagi.

Komentar terakhir mengacu pada sifat "Yudaisme" yang dengannya Gereja mencari rekonsiliasi. Seorang pembaca buku Ben Johanan mendapat kesan bahwa hampir semua langkah yang diambil oleh para teolog Kristen mengacu pada Yudaisme sebagai agama "Perjanjian Lama", yang mendahului agama Kristen. Hal ini menunjukkan bahwa dialog antara kedua agama tersebut masih dalam tahap awal, karena Yudaisme bukanlah agama dalam Alkitab tetapi agama Talmud, literatur kerabian, kabbala dan doa. Teologi Kristen masih melakukan dialog dengan dirinya sendiri - belum dengan Yudaisme yang ada paralel dengannya.

Dengan latar belakang ini, penelitian akademis perintis di kedua sisi sangat menonjol. Selama generasi terakhir, para sarjana Yahudi dan Kristen di dunia akademis telah menunjukkan minat yang besar pada perkembangan paralel di kedua agama bahkan setelah jalan mereka terpisah. Universitas Ibrani telah mendirikan pusat studi agama Kristen, dan dengan paralelisme simbolik, Pusat Studi Yudaisme Kardinal Bea telah didirikan di Universitas Kepausan Gregorian Roma. Lusinan buku dan ratusan artikel yang diterbitkan selama beberapa dekade terakhir telah dikhususkan untuk membahas hubungan yang intim dan kompleks antara Yudaisme dan Kristen sepanjang sejarah. Buku Karma Ben Johanan sendiri merupakan tonggak penting dalam pembukaan akademik ini - yang menurut saya merupakan hasil langsung dari Konsili Vatikan II.

Berkat empati yang ditunjukkan penulis terhadap subjeknya, produk akhir tidak hanya merupakan studi penelitian yang mencerahkan tetapi juga tantangan intelektual, budaya, dan politik. Ini adalah buku penting bagi orang Yahudi, secara terpisah, dan untuk orang Kristen, secara terpisah, dan juga untuk siapa saja yang untuknya cerita Yahudi-Kristen merupakan elemen penting dalam mendefinisikan identitasnya.

Saya akan menutup dengan kutipan dari epilog buku tersebut: "Tantangan pendirian Negara Israel terhadap Yudaisme serupa dengan yang diajukan oleh Kristenisasi kekaisaran kepada Kristen." Bagi saya, penulis juga berharap bahwa hasilnya akan berbeda. Buku itu membuktikan bahwa akademisi memiliki kemampuan untuk mendekatkan orang dan membawa perdamaian ke dunia.

“Rekonsiliasi dan Ketidakpuasannya: Ketegangan yang Tak Terselesaikan dalam Hubungan Yahudi-Kristen,” oleh Karma Ben Johanan. Tel Aviv University Press (Ibrani), 460 halaman, 98 syikal


[Israel Jacob Yuval | Dipublikasikan pada 14.08.2020]

Profesor Emeritus Israel Jacob Yuval adalah pendiri dan direktur akademis dari Pusat Penelitian Mandel Scholion, dan mengepalai Sekolah Jack, Joseph dan Morton Mandel untuk Studi Lanjut dalam Humaniora di Universitas Ibrani. Bukunya "Two Nations in Your Womb: Perceptions of Jewish and Christians" (Magnes Press, 2000; dalam bahasa Ibrani) memenangkan Hadiah Bialik 2002 dalam Studi dan Sastra Yahudi.

More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *