Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Monday, March 3, 2014

Barbara Thiering, Jesus The Man Monday, March 3, 2014


Jesus the Man: Interpretasi Baru dari Gulungan Laut Mati
Yesus & Teka-teki Gulungan Laut Matis.jpg
Sampul edisi pertama
PenulisBarbara Thiering
BahasaInggris
SubyekYesus
PenerbitDoubleday
Tanggal penerbitan
1992
Tipe mediaMencetak
Halaman509
ISBN978-0552139502 (edisi paperback)
Didahului olehInjil dan Qumran 
Diikuti olehYesus dari Kiamat: Kehidupan Yesus setelah Penyaliban 

Jesus the Man: New Interpretations from the Dead Sea Scrolls adalah sebuah buku yang ditulis oleh sarjana biblika dan teolog Australia Barbara Thiering . Ini pertama kali diterbitkan oleh Doubleday pada tahun 1992 dengan judul, Jesus & The Riddle of The Dead Sea Scrolls: Unlocking The Secrets of His Life Story .

Dengan menggunakan alat decoding yang disebut penulis sebagai " teknik pesher ", dia mengaku telah menemukan bukti di dalam Injil itu sendiri yang secara efektif bertentangan dengan cerita yang mereka ceritakan tentang Yesus dan misinya. Dia menyebut cerita ini sebagai "makna permukaan" dari Injil, yaitu "untuk 'bayi'", berbeda dengan makna yang tersembunyi. Dengan menggunakan metode ini, Thiering percaya dia telah menemukan, antara lain, bahwa Yesus adalah anggota komunitas Essene, bahwa dia selamat dari penyaliban, dan bahwa dia menikah dua kali.

Buku itu laris, dan telah beberapa kali dicetak ulang. Argumennya telah banyak ditolak oleh komunitas ilmiah. [1]

Konten 

Tesis utama dari buku ini adalah bahwa "Yesus adalah pemimpin faksi radikal dari para imam Essene . Dia tidak lahir dari perawan . Dia tidak mati di kayu Salib . Dia menikahi Maria Magdalena , menjadi ayah dari sebuah keluarga, dan kemudian bercerai. Dia meninggal beberapa saat setelah 64 M. ". [2] Dari Injil Perjanjian Baru dan Gulungan Laut Mati , Thiering membangun sebuah sejarah baru dari Kekristenan mula-mula yang menurutnya tersembunyi dalam pengkodean pesher . Thiering menemukan bahwa biografi Yesus yang tersembunyi dalam Perjanjian Baru menunjukkan bahwa dia dilahirkan di Qumran , seorang Essene.komunitas di samping Laut Mati , pada bulan Maret, 7 SM. Robert E. Van Voorst merangkum kisah Thiering tentang kehidupan Yesus sebagai berikut:

Dia lahir di luar nikah dari seorang wanita dari garis keturunan imamat kerajaan Qumran, berteman dengan orang buangan, dan tidak melakukan mukjizat. Dia disalibkan bersama Simon Magus dan Yudas Iskariot di Qumran, tetapi selamat dari racun ular yang membuatnya tidak sadarkan diri. Yesus kemudian menikah dua kali, dengan Maria Magdalena dan Lidia dari Filipi , ayah dari tiga anak. Setelah mengembara di Mediterania, dia meninggal dalam ketidakjelasan di Roma. [3]

Gagasan khas Yesus muncul dari kaum Eseni. Pada bulan Maret 17 M, ia diinisiasi pada usia 23, dan mengambil sikap politik yang mendukung "ayah" spiritualnya, Imam Besar Hanas , "yang mengajar perdamaian dengan Roma dan mempromosikan orang bukan Yahudi ". [4] Ia dibaptis ulang oleh Yohanes Pembaptis pada Maret 29 M. Thiering mengatakan bahwa John identik dengan Essene Teacher of Righteousness , yang dipuji di Dead Sea Scrolls. Yesus segera berpisah dari Yohanes, menjadi salah satu pemimpin dari kelompok "yang disebut Dua Belas Rasul", [4] beberapa di antaranya (termasuk Yudas Iskariot dan Simon Magus ) adalah orang fanatikdan lainnya (termasuk Yesus), pasifis. Karena penentangannya terhadap Yohanes, Yesus disebut Gulungan Laut Mati sebagai Imam Jahat . Thiering memeriksa setiap mukjizat dalam Perjanjian Baru dan tidak menemukan sesuatu yang ajaib di dalamnya, melainkan peristiwa yang menandai titik balik dalam sejarah "Pohon Ara", sebutan gerakan itu.

Thiering melihat Yesus sebagai anggota terkemuka dari gerakan Essene. Keunggulannya berasal dari keturunannya sebagai raja Daud, serta upaya kakek buyutnya, yang dikatakan adalah Hillel Agung , dan kakeknya, Heli , untuk mendirikan sekolah pengajaran agama bagi orang Yahudi di Diaspora. Tidak seperti Simon Magus, tokoh terpenting kedua dalam Perjanjian Baru menurut Thiering, Yesus adalah seorang pasifis. Dia menentang kaum fanatik, menyerukan reformasi dan pembaruan agama. Ini akan mengarah pada kerajaan Yahudi yang akan mengalahkan Kekaisaran Romawi dengan daya tariknya pada akal dan moralitas.

Penerimaan ilmiah 

Tesis Thiering terutama mendapat skeptisisme dari komunitas akademis. Pembahasan paling rinci tentang buku Thiering, bersama dengan tulisan-tulisannya yang lain, diberikan oleh NT Wright , mantan Uskup Durham, sejarawan Perjanjian Baru dan tokoh terkemuka dalam debat sejarah tentang Yesus . [5] Wright memperdebatkan Thiering dalam program BBC pada tahun 1992. [6] Dalam bukunya Who was Jesus?Wright mencatat bahwa Thiering berkeberatan karena klaimnya tentang kehidupan pribadi Yesus menjadi sensasional oleh media. Namun, dia berpendapat bahwa hanya itu aspek asli dari buku tersebut. Thiering telah menegaskan bahwa Yohanes Pembaptis identik dengan Guru Kebenaran dan bahwa Injil ditulis dalam kode dalam karya-karya sebelumnya. Pada tahun 1990 dia membuat film dokumenter untuk Discovery Channel berjudul "The Riddle of the Dead Sea Scrolls", di mana pandangan ini diungkapkan. Van Voorst menggambarkannya sebagai "sangat kontroversial" pada saat itu. [3]Wright mencatat bahwa ide-ide baru Thiering tentang kehidupan keluarga Yesus pertama kali ditayangkan pada tahun 1990 di sebuah acara TV Australia yang disiarkan di Palm Sunday. Kehebohan yang dihasilkan "menarik perhatian penerbit yang bersemangat" yang membujuknya untuk menerbitkan, dan memasukkan teori-teori sebelumnya "dengan cara yang lebih dapat diakses oleh pembaca non-ilmiah". [6]

Wright berpendapat bahwa Thiering benar untuk menekankan kemanusiaan Yesus dan menempatkannya dalam konteks pengharapan akan intervensi ilahi yang dramatis dalam sejarah. Wright setuju dengan Thiering bahwa Yesus menawarkan "cara baru untuk mengetahui apa artinya menjadi umat Allah yang setia — cara, khususnya yang menghindari kekerasan yang begitu mewabah dalam masyarakat mereka". Namun, ia menyimpulkan bahwa caranya "memperbaiki keseimbangan" dalam kisah Yesus "sama sekali tidak masuk akal":

"Aman untuk mengatakan bahwa tidak ada sarjana serius yang memberikan kepercayaan apapun pada teori yang rumit dan fantastis ini. Sudah hampir sepuluh tahun sejak diterbitkan; dunia ilmiah telah mampu melihatnya dengan baik: dan hasilnya benar-benar negatif. Satu-satunya sarjana yang menganggap serius Thiering adalah Thiering sendiri. " [6]

Beberapa penulis telah membandingkan buku itu dengan fiksi fantasi. Dalam tinjauan kritis terhadap kesimpulan dan metodologi buku, Sejarawan Kuno dan sarjana Perjanjian Baru CB Forbes menyimpulkan bahwa "Buku-bukunya tidak dapat digambarkan sebagai sejarah. Mereka adalah fantasi yang luar biasa, dan telah ditolak seperti itu oleh sejarawan di seluruh dunia." [7] C. Stephen Evans mengatakan buku itu "jelas berbatasan dengan fantasi". [5] Florentino García Martínez , sekretaris editorial Revue de Qumran , menyebut karyanya "fiksi ilmiah", terputus dari semua realitas sejarah dan sastra. [1]

Edna Ullman-Margalit, mantan profesor di Hebrew University of Jerusalem , menulis, "Sebagai contoh, perhatikan kasus Barbara Thiering. Dia mengklaim bahwa gulungan-gulungan itu adalah produk persaingan antara para pendukung Yohanes Pembaptis, yang diidentikkan dengan gulungan-gulungan itu ' "Guru Kebenaran", dan Yesus, diidentifikasikan dengan "Manusia Pembohong". Untuk tujuan saya, teori ini harus dianggap sama sekali awalnya aneh, mengingat penanggalan yang pasti secara ilmiah (sebagian besar didasarkan pada teknik paleografis dan radiokarbon) dari gulungan ke periode jauh sebelum kelahiran agama Kristen (Thiering, 1992). Ngomong-ngomong, teori Thiering adalah contoh bagus dari teori pinggiran yang populer di media. " [8]

Lihat juga 

Referensi 

  1. ^ 
    Lompat ke:
    b O'Collins, Gerald, dan Daniel Kendall. 1996.Fokus pada Yesus: esai dalam kristologi dan soteriologi. Leominster, Herefordshire: Gracewing. Halaman 172.
  2. ^ Symon, Peter; Andrews, Jules (2006-10-25). "Ilmu Kode Da Vinci dan dogma Kristen" . The Guardian . Diarsipkan dari versi asli tanggal 04-09-2007 Diakses 2007-12-22 .
  3. ^ 
    Lompat ke:
    b Van Voorst, Robert E.,Jesus outside the New Testament: An Introduction to the Ancient Evidence, WB Eerdmans, Grand Rapids, MI, 2000, hlm. 80
  4. ^ 
    Lompat ke:
    b p. 400
  5. ^ 
    Lompat ke:
    b Evans, C. Stephen,The Historical Christ and the Jesus of Faith: The Incarnational Narrative as History, Clarendon Press, Oxford, 1996, hlm. 40.
  6. ^ 
    Lompat ke:
    c Wright, NT 1993.Siapakah Yesus itu? Grand Rapids, Mich: Eerdmans. Halaman 23; 19–23.
  7. ^ Review of Jesus the Man oleh CB Forbes
  8. ^ Ullman-Margalit, Edna (Mei 2006). Keluar dari Gua: Penyelidikan Filsafat Tentang Penelitian Gulungan Laut Mati . Harvard University Press. p. 20. ISBN 9780674022232.

Tautan eksternal edit ]

More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *