Sebenarnya Yesus Itu Dewa, Tuhan, Atau Hanya Mitos?

Mungkin sedikit dari kita yang mengenal Dewa Mithra atau Dewa Horus, atau dewa-dewa lain dalam mithologi kuno. Tetapi melalui bacaan ringan ini, Insya Allah, nanti juga akan mengenal mereka. Bukankah pepatah lama mengatakan "tak kenal maka tak sayang?"

Ini kisah tentang Yesus, tapi singkat saja, dan tentunya bersumber dari Alkitab. Kenapa bersumber dari Alkitab? Sebab kita sedang bicara tentang Yesus, bukan nabi Isa alaihissalam.

YESUS
Menurut keyakinan umat kristen, Yesus adalah anak yang lahir dari perawan Maria (sampai di sini, semua umat Islam setuju), pada tanggal 25 Desember Tahun 1 Masehi (Nah, mulai dari sini, karena dicari ke mana pun dalilnya tidak ketemu - maka bagaimana umat Islam harus setuju?).

Apa yang kita ketahui tentang Yesus? Tentu cuma rujukan dari cerita umat Kristen. Kelahirannya ditandai dengan kemunculan sebuah bintang di timur, dan diikuti oleh tiga orang Majusi yang memberkati juru selamat baru. Yesus sudah menjadi guru pada usia 12 tahun dan di baptis oleh Yohanes Pembaptis kira-kira (dalam injil juga masih dikira-kira) pada usia 30 tahun, saat mana ia mulai menyebarkan ajarannya. Yesus mempunyai 12 orang murid dan melakukan banyak mukjizat seperti: menyembuhkan orang sakit, berjalan diatas air, menghidupkan orang mati, dll. Julukan yang diberikan kepadanya adalah “Raja Segala Raja”, “Anak Tuhan”, ”Juru selamat” dll. Yesus dikhianati oleh muridnya yang benama Yudas Iskariot. Yudas dibayar oleh tentara Romawi seharga 30 keping perak, lalu Yudas berkata “Orang yang aku cium itulah Yesus”, setelah itu Yesus pun ditangkap, diseret-seret, diludahi, dihakimi oleh manusia, disiksa, dan ujungnya dipaku di tiang salib hingga mati. Tapi 3 hari setelah itu dia bangkit dari kematian, dan naik ke surga. Sampai di sini, cerita tentang Yesus tadi adalah menurut keyakinan umat Kristen. Kita tidak akan memperdebatkan masalah alur cerita atau bentuk ceritannya. Biarkan saja seperti itu, lalu mari sama-sama kita perhatikan kisah dewa-dewa Pagan berikut ini:

HORUS
Horus adalah dewa orang Mesir, lahir 3.000 tahun SM. Berarti cerita Horus sudah ada 3.000 tahun sebelum Yesus lahir. Lalu, bagaimana kisah dewa Horus ini? Horus lahir dari perawan Isis-Meri pada tanggal 25 Desember, kelahirannya ditandai munculnya sebuah bintang dari timur, kemudian ditemukan oleh 3 orang raja lalu dijadikan juru selamat baru. Pada usia 12 tahun telah menjadi guru, dan pada usia 30 tahun dibabtis oleh Anup. Sejak itu ia mulai menyebarkan ajarannya. Horus mempunyai 12 murid yang menyertainya, ia mempunyai mukjizat menyembuhkan orang sakit dan berjalan diatas air. Horus juga mempunyai julukan “Sang Cahaya”, “Anak Tuhan Yang Diberkati”, “Anak domba Tuhan” dlsb. Setelah dikhianati oleh muridnya Taifun, Horus pun disalib, dan tiga hari setelahnya bangkit lagi.
Jika kalian coba mencari gambar Horus, maka akan menemukan gambar yang penuh, yakni bagaimana Horus digambarkan bermuka burung, dan ular cobra yang melingkar menggambarkan Horus itu Dewa Matahari. Dalam buku “DILEMA MAYORITAS”, dijelaskan bahwa kelompok zionis Illuminati menandakan sebuah negara dibawah pengaruh mereka dengan memberikan lambang dewa di negara tersebut, dan burung garuda adalah perlambang dewa Horus (?).

MITHRA
Mithra adalah Dewa matahari yang paling terkenal dari Persia, lahir dari seorang perawan pada tanggal 25 Desember tahun 1.200 SM. Ia mempunyai 12 orang murid dan banyak melakukan keajaiban. Setelah kematiannya, tiga hari kemudian ia bangkit kembali. Dan yang paling terkenal, penyembahan Dewa Mithra dilakukan setiap hari minggu atau sunday (sun = matahari, day = hari). Jadi, hari khusus ibadah para penyembah dewa Pagan ini adalah hari minggu.
Demikianlah cerita dewa-dewa kaum pagan dari zaman dahulu. Lalu, bagaimana asal muasalnya cerita-cerita para dewa ini kok mirip sekali dengan cerita Yesus yang Tuhanya umat kristen? Apakah masih ada dewa-dewa lain yang memiliki kemiripan cerita dengan Yesus, Horus, dan Mithra? Coba kita lihat pula yang berikut ini:

ATTIS
Dewa dari Yunani Pirigia (Anadol), lahir dari seorang perawan pada tanggal 25 Desember 1.200 SM, mati disalib, dan tiga hari setelahnya bangkit lagi.

KRISHNA
Dewa dari India, lahir dari perawan Devaki pada 900 SM. Kelahiran Krishna digambarkan dalam Athar Veda, salahsatu Kitab Suci Hindu sebagai berikut:

Pada suatu malam, waktu raja Kansa tak dapat tidur, berdirilah baginda di teras istananya, digerakkan oleh suatu kekuatan gaib. Ia melihat bintang bergerak dan sinarnya jatuh ke Bumi. Ia bertanya kepada istrinya, Nysumba (seorang ahli sihir, pemuja Dewi Kali, yaitu dewi kerinduan dan kematian), tapi Nysumba tidak dapat menjawabnya. Maka dipanggillah Brahmana-Brahmana (Pendeta-Pendeta Hindu), untuk melihat bintang itu dan menceritakan kebenarannya. Pendeta-pendeta Hindu itu kemudian menjelaskan bahwa bintang tsb adalah pertanda turunnya Tuhan ke dalam tubuh seorang manusia yang dikandung oleh Devanaki, anak saudara perempuan baginda raja sendiri. Anak yang dikandung itulah yang akan menjadi Tuhan di dunia, atau Raja Dunia. Perhatikan, kelahirannya ditandai dengan munculnya bintang dari timur, ia diceritakan banyak melakukan banyak mukjizat bersama-sama para muridnya, dan juga bangkit setelah kematiannya.

DIONYSUS
Dionysus dari Yunani lahir dari seorang perawan pada tanggal 25 Desember 500 SM, seorang guru yang melakukan perjalanan dan melakukan banyak mukjizat seperti mengubah air menjadi anggur, dikenal sebagai “Raja Segala Raja”, “Anak Tuhan” dll. dan pastinya, bangkit lagi dari kematian.

Cerita tentang dewa-dewa Pagan ini memiliki kemiripan di mana-mana. Sebut saja misalnya OSIRIS dari Mesir, BAACHS dari Yunani, BUDHA SAKIA dari India, SALIVANA dari Bermuda, ODIN dari Skadinavia, INDRA dari Tibet, BALI dari Afganistan, JAO dari Nepal, BEDDRU dari Jepang, GENTAUT dari Meksiko, FOHI dari Cina, IXION dari Roma, PROMETHEUS dari Kaukasus dan masih banyak lagi yang punya cerita hampir serupa.

KENAPA SAMA?
Kenapa kok ceritanya bisa sama? Kenapa kok dilahirkan oleh perawan? Kenapa kok Tanggal 25 Desember? Kenapa kok bangkit lagi dari kematian? Menurut mithologi, ini berkaitan dengan matahari, musim, dan kejadiannya.

KELAHIRAN
Masalah kelahiran yang sama itu karena mirip dengan ilmu perbintangan. Bintang yang muncul di sebelah timur adalah bintang Sirius, bintang paling terang pada malam hari. Pada tanggal 24 Desember Sirius sejajar dengan tiga bintang yang paling terang dari gugusan Orion. Tiga bintang tersebut melambangkan tiga raja yang ada pada cerita yang diatas. Keempat bintang tersebut menunjuk ke arah terbitnya matahari pada tanggal 25 Desember. Itu sebabanya kenapa tiga raja selalu menunjukkan lambang awal terbitnya matahari.

LAHIR DARI RAHIM PERAWAN
 Perawan atau virgin itu melambangkan bintang virgo. coba lihat lambang virgo. Gambarnya perawan memegang sebatang gandum. Virgo dalam bahasa latin adalah virgin. Virgo juga bisa diartikan lumbung roti, atau sumber kehidupan.

25 DESEMBER
Yang menarik adalah fenomena yang terjadi tanggal 25 desember, yaitu titik balik matahari musim dingin (jangan keburu pusing dulu, ini lumayan buat belajar astronomi). Bila dilihat dari utara, maka matahari terlihat makin ke bawah dan ke bawah, lalu terjadilah musim dingin karena kurangnya cahaya matahari. Proses musim dingin dianggap sebagai proses kematian untuk orang zaman dahulu. Dianggap sebagai kematian matahari. Pada tanggal 22 desember matahari “mati” sepenuhnya, dan hal yang menarik adalah matahari berhenti bergerak keselatan selama tiga hari (tanggal 22, 23, 24) dan selama tiga hari itu matahari berada di “salib selatan” atau gugusan bintang Crux. Namanya juga salib, ya, bentuknya bintangnya juga seperti itu. Kemudian, tanggal 25 Desember matahari bergerak 1 derajat ke utara, ini berarti membawa musim semi, kehidupan baru. Makanya dalam cerita matahari yang mati (tenggelam) selama tiga hari itu diserbutkan lalu bangkit (terbit) kembali. Tetapi masyarakat dulu tidak akan merayakan kebangkitan matahari hingga saat titik balik matahari musim semi, yaitu saat paskah, karena itu berarti matahari telah mengalahkan kejahatan secara sempurna. Ini sedikit tentang kelahiran, kematian dan bangkit dari kematian para dewa-dewa tersebut.

MEMILIKI 12 MURID
12 murid adalah simbol dari 12 rasi bintang zodiak, di mana Yesus dan dewa-dewa lainnya digambarkan sebagai mataharinya. Jadi, mereka yang suka dan percaya ramalan bintang (zodiak) termasuk orang pagan.

UNSUR TRINITAS
Masalah trinitas, Yesus yang masuk dalam trinitas (Bapa, Anak, Roh kudus), itu juga sudah ada dalam cerita Dewa pagan, Mithra adalah Oknum dari Tridewa (Mithra, Ahirman, Ohrzmad), Osiris Juga Oknum dari Tridewa (Osiris, Isis, Horus), Baachus juga Oknum dari Tridewa (Baachus, Apolos, Yupiter).

PENEBUSAN DOSA
Penebusan dosa? Dewa Mithra, Dewa Osiris, dan Dewa Baachus juga sama-sama mati untuk menebus dosa umat manusia!

Nah, mudah-mudahan kalian yang Kristen tidak menjadi bingung membaca fakta di atas sebab, katanya, kalian adalah orang pintar (pintar ngeles, pintar bohong, pintar hujat, pintar kabur, dan lain lain seperti itu).

IRONIS
Kalian coba menyamakan Islam dengan Hindu. Padahal Kristen tidak cuma sama dengan Hindu, tapi SAMA PERSIS, bahkan hampir dengan semua agama pagan di muka bumi ini. Sungguh Ironis!

Wallahualambissawab.

[Sumber: Islam Menjawab Fitnah]

Baca juga:

  1. gravatar

    # by M Fairuzulhaq - 14 Desember 2012 21.11

    Ulasan yang sangat bagus, hanya saja endingnya sangat ironis, bukan ironis terhadap Kristen atau Islam, namun terhadap mereka pemeluk agama yang masih menghujat agama lain.

  2. gravatar

    # by Aziz bohay - 29 Desember 2012 07.35

    Benar,,,, Tentunya anda bisa menebak siapa yg suka,bahkan hobby menghujat agama lain, dari 5 agama diakui pemerintah !!

  3. gravatar

    # by Anonim - 9 Maret 2013 16.18

    agama diturunkan tuhan pada setiap masa sesuai dengan perkembangan jaman untuk mengatur agar manusia berbuat baik dan tidak saling menyakiti antar sesama. tidak ada agama mengajarkan kejahatan, kejelekan kepada umatnya. agama adalah sebuah keyakinan yang tidak bisa dipaksakan, seperti makanan ada makanan sehat, kotor atau bersih tergantung mana yang kita pilih untuk mengisi perut agar kenyang dan baik untuk tubuh. pepatah mengatakan " kuman diseberang jelas terlihat tapi gajah dipelupuk mata tidak kelihatan".

  4. gravatar

    # by Anonim - 1 Agustus 2013 08.25

    Ya ampun ini pembuat artikel bodoh banget ya.
    Jadi Israel yg adalah 12 suku (didalam Perjanjian Lama bagi orang Kristen yang diberkati Allah, atau pun Tanakh bagi orang Israel yang diberkati Allah) disamakan dengan rasi zodiak ?? hehe..
    Masalah 25 desember itu hanya peringatan, tgl 6 januari bagi orang Kristen Orthodoks juga gak masalah. Jikalaupun dibuat Maret atau April dll untuk Natal tersebut, orang Kristen enjoy-enjoy aja tuh. Karena orang Kristen hanya memperkirakannya masa kelahirannya 2000 tahun yg lalu.
    hehe..

  5. gravatar

    # by Anonim - 5 Agustus 2013 06.55

    Mengungkapkan kebenaran dg disertai bukti dan dalil yg kuat bukanlah sebuah hujatan,tp justru memberi pencerahan. Dg landasan ini kita bisa menilai pihak manakah yg suka menghujat/memfitnah tanpa dasar. Coba renungkan dg kepala dingin...

  6. gravatar

    # by Wedus se7en - 15 Agustus 2013 14.33

    Bener banget gan ulasannya. Emang kristen itu adopsi agama pagan. Liat aja tuh, agama yang dulunya di benci romawi kok malahan setelah ada konsep tritunggal jadi agama utama.
    LAKNATULLAHI'ALAL KAFIRIN

  7. gravatar

    # by Anonim - 8 November 2013 02.25

    klo mw memberi tanggepan buat ulasan di atas cb beri bukti2 bisa membenarkan bantahan anda, jgn cman bisa bilang bodoh,sok tau, dll, bukan saya mw membela islam, tp coba berpikir secara dingin, cari tau kebenaran ulasan diatas, klo emang tidak terbukti silahkan posting disini beserta bukati2 yang anda temukan. GBU

  8. gravatar

    # by Hasnol Hakim - 20 Desember 2013 18.22

    Itulah sifat sifat tuhan, sifat sifat nya akan turun kedunia mengikut zaman tempat dan waktu ke seluruh dunia untuk mengajar manusia erti kasih sayang sesama manusia, semua agama mengajarkan perkara baik baik agar kita tidak saling benci membenci, turunnya sifat sifat tuhan ini juga mengajarkan peradapan yang tinggi untuk manusia, jangan disalah gunakan sudah la, seperti halnya fir'un manusia sejati mengakui tuhan, kan dah ditentang musa.

  9. gravatar

    # by apriia puput - 16 Januari 2014 15.47

    baca wikipedia,,, ente jgn fitnah agama orang ngasih dalil sendiri....
    horus itu anak isis dan osiris.

    kita yg cuma dapet bacaan dari internet sumber ga jelas jgn asal ngejeplak, kalo fakta emg ada jg ga kan ditutup2i

  10. gravatar

    # by Anonim - 18 Januari 2014 09.51

    Jutaan bahkan tak terhitung alasan yang mengungkapkan, islamlah agama yang diridhoi Allah. Turunnya agama bukan tujuan lil a'lamin untuk diperdebatkan dan ciptakan untuk berperang. Tapi, bagi siapa saja yang tidak mau beriman dan bertaqwa kepada Allah (karena perintah Allah yang ultimatum berada pada tangan Rasulallah SAW, Nabi Muhammad bagi yang tidak kenal sebutan Rasulallah-red) adalah Kafir atau musuh Allah, agama itu sudah disempurnakan, demikian pemahaman saya!

  11. gravatar

    # by Anonim - 26 Januari 2014 22.03

    klo dipikir dengan mendalam.....manusia yang nyata2 bodoh dan lemah aja tidak mau dikatakan bodoh,lemah,kotor,jelek,disamakan dengan orang lain,dll..yang sifatnya merendahkan dirinya.......,.Apalagi TUHAN yang jelas2 menyandang MAHA SUCI,MAHA AGUNG,MAHA TINGGI DAN segala KESEMPURNAAN yang dimilikiNYA. kira2 mau ga ya merasuk atau menjelma menjadi sesuatu yang menurutNYA hina, bodoh dll???kalo mau dimana KEMAHA AGUNGANNYA? KEMAHA SUCIANNYA? dan KEMAHA SEMPURNAANNYA dari segala keburukan???? pikirkanlah!!!! karena saya yakin 100% jika anda berfikir anda tidak akan menyembah sesuatu yang bernoda......

  12. gravatar

    # by Anonim - 5 Februari 2014 05.53

    dasar manusia serakah..
    jika kamu mau tahu kebenarannya, kamu tinggal lompat dari monas siapa tahu kamu mati suri.
    supaya kamu tahu kebenarannya.
    gampang kan...

  13. gravatar

    # by PUTRA KANGEAN - 6 Februari 2014 01.50

    kelima agama itu manis, tapi para penganutnya,yg salah mengartikan saling menhujat, saling mengaku benar, sehingga pada ciptaan tuhan ndiri yg diberi kehebatan,dianggap tuhan, dan pada kesimpulannya, berasal dr yg maha suci,karena para wali, para dewa, para nabi, adalah satu ciptaan, gusti ingkang MOHO SUCI,

  14. gravatar

    # by Anonim - 9 Februari 2014 19.01

    Yang penting jadi orang taat beragama, semua agama itu mengajarkan kebaikan kok, ga usah saling menghujat agama satu sama lain ga ada gunanya kecuali kalau nambah dosa sih iya :)) Hidup rukun beragama tuh enak saling melengkapi , kenapa harus diributin... oke brayyy :))) Thx...

  15. gravatar

    # by Sigit Udjiana - 10 April 2014 19.41

    Saudaraku kaum Muslimin yang terkasih..
    Kelihatan sekali kalau Anda sangat senang kalau ada yang berhasil "membuktikan" bahwa kisah tentang Yesus adalah hanya mitos. Tetapi apakah Anda tahu bahwa:
    1. Para penulis yang menunjukkan "bukti" bahwa Yesus hanya mitos berasal dari kaum atheis. Salah satunya bernama Thomas Brodie, yang juga berusaha meyakinkan dunia dengan banyak "bukti" kalau yang namanya Tuhan atau Allah itu tidak ada.
    2. Yesus yang kami yakini adalah sama personnya dengan nabi Isa yang Anda percayai keberadaannya di dalam Al Qur'an. Jadi kalau merasa bahagia dengan tulisan seorang atheis, hal tersebut itu Anda pandang sebagai suatu point yang melemahkan iman kaum kristiani, Anda tidak sadar bahwa konten Al Qur'an juga dianggap hanya berisi mitos..
    Kesimpulannya pernyataan bahwa Yesus hanya mitos itu tidak hanya menyerang keyakinan Kristiani, tetapi juga keyakinan Islam.. Oleh karena itu kalau Anda tertawa akan hal ini.. Anda mentertawakan diri Anda sendiri. Marilah kita berfikir dan bertindak dengan bijak, kita ini adalah saudara bukan?

  16. gravatar

    # by Super Blogger! - 16 April 2014 00.36

    Yesus tidak lahir tanggal 25 desember saya setuju, para ahli memperkirakan Yesus lahir bulan april, saat ada salah satu bintang yang lebih bersinar. Saat itu ada salah satu bintang yang masuk dalam gugusan bintang aries dan tampak lebih terang. Perhitunganya juga bukan pada tanggal 1 Masehi, Kaisar sendiri salah hitung dan meleset sekitar 4 tahun. Banyak literatur mengenai ini, silahkan cari saja sendiri. FYI, Natal hanyalah perayaan. Yang terpenting Tuhan pernah menjelma menjadi manusia dan berkorban untuk kita, untuk menghapus kutuk dosa yang memang hanya Dia yang bisa menghapusnya. Kita sangat spesial, karena kita seharga dengan nyawaNya. Itulah yang terpenting dalam keimanan Kristen.

  17. gravatar

    # by Supri Joanhart Nainggolan - 18 April 2014 00.59

    Terserah anda lah bikin opini, toh kristen gak pernah maksa anda masuk kristen, mau murtad juga silahkan, resiko tanggung sendiri. Beda sama islam kalau murtad bisa dipenggal. Daripada sibuk ngurusin agama orang lain mending ngaca deh, gimana tertinggalnya negara negara mayoritas muslim di dunia, apalagi indonesia. Dari segi jumlah sebenarnya muslim bukanlah minoritas di dunia, tapi kualitas hancur. Itu akibat poligami dan kawin dini, jumlah banyak tapi sengsara dan miskin, sdm rendah, sumber daya alam terbatas, akibatnya lapangan kerja sangat sempit. Contoh paling jelas itu pulau jawa, pulau terpadat dunia, sampai sampai indonesia jadi pengekspor manusis(budak/tki) terbesar di dunia.

  18. gravatar

    # by Anonim - 26 Mei 2014 08.28

    JANGAN LAH SALING MENGHINA, D AGAMA KITA MASING2 KAN JG GA ADA YG MENGIZINKAN MENGHINA , SAYA MUSLIM , TUJUAN KITA SEMUA SAMA YAITU MASUK SURGA , AGAMA ITU IALAH KEPERCAYAAN DAN SEBAGIAN BESAR KARENA ORG TUA BERAGAMA ISLAM PASTI OTOMATIS IKUT AGAMA ITU . SEMUA AGAMA BENAR KARENA BERTUJUAN UNTUK BERBUAT BAIK .

  19. gravatar

    # by jaka magan - 2 Juni 2014 05.28

    cari lah sesuatu untuk bertahan hidup sobat jangan mencerca agama orang.
    tidak baik di dengar semua umat manusia di dunia ini...
    berarti penulis diatas bukan orang yang ber iman tentunya...
    kalau beriman tidak seperti itu.
    dan penulis hanya membela agama nya sendiri dan mengejek agama orang..dan agama kristen pun seperti itu.jangan perdebatkan agama lagi yang menimbulkan kesalahpahaman
    saya setuju pada anda yang berkomentar di atas saya...saya seorang kristen.
    soal agama saya jalani aja dengan bener,yang penting saya berfikir gimana nya cara nya tetap bertahan hidup.dan tidak berdebat soal ke naifan manusia sekarang..juara 1 lah buat islam di dunia tapi apakah berpengaruh pada kehidupan yang amburadul ini kawan ???
    salam dari saya jaka arjuna tarigan silangit ^_^

  20. gravatar

    # by Anonim - 5 Juni 2014 14.20

    1 Yohanes 1:7
    Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

  21. gravatar

    # by 11031969krb - 5 September 2014 02.54

    bagus ulasanya masuk akal..ilmiah

  22. gravatar

    # by Henry Jaya Teddy - 7 September 2014 05.55

    @Sigit 2. Yesus yang kami yakini adalah sama personnya dengan nabi Isa yang Anda percayai keberadaannya di dalam Al Qur'an. Jadi kalau merasa bahagia dengan tulisan seorang atheis, hal tersebut itu Anda pandang sebagai suatu point yang melemahkan iman kaum kristiani, Anda tidak sadar bahwa konten Al Qur'an juga dianggap hanya berisi mitos..
    Kesimpulannya pernyataan bahwa Yesus hanya mitos itu tidak hanya menyerang keyakinan Kristiani, tetapi juga keyakinan Islam.. Oleh karena itu kalau Anda tertawa akan hal ini.. Anda mentertawakan diri Anda sendiri. Marilah kita berfikir dan bertindak dengan bijak, kita ini adalah saudara bukan? = setuju, berarti secara tidak langsung artikel yang dibuat oleh Gus, menyatakan Islam adalah mitos juga

  23. gravatar

    # by Anonim - 16 September 2014 01.41

    Semua manusia di dunia ini yg sekarang ini masih hidup,cepat atau lambat pasti akan mengalami kematian.Lalu kematian dg cara apakah yg akan akan menjemput kita kelak nanti? Apakah kita akan mati mendadak secara tiba2 tanpa merasakan sakit sedikitpun atau mati dg damai saat kita sedang tertidur? ATAUKAH kita akan mati dg cara ironis,sebelum mati terlebih dahulu mengalami penderitaan dan siksaan fisik bertahun tahun krn mengidap penyakit kronis yg tak bisa terobati,lumpuh bertahun tahun ditempat tidur tdk bs bergerak sedikitpun,makan minum buang kotoran ditempat tidur,barulah kematian datang menjemput kita setelah mengalami penderitaan dan siksaan fisik yg sangat lama krn penyakit. Apakah kematian akan menjemput kita juga dg cara terlebih dahulu mengalami penderitaan dan siksaan fisik juga krn disebabkan kecelakaan,rasa sakit cukup lama yg tak terperikan krn anggota tubuh kita yg hancur dan akhirnya berujung kematian. Kematian adalah misteri,krn kita memang tdk tahu kapan kematian itu akan datang dan dg cara bagaimana? Oleh sebab itu saudara2ku,di saat sekarang ini kita masih hidup dg tubuh yg sehat dan anggota tubuh yg masih lengkap,gunakanlah kesempatan hidup ini utk mengasihi sesamamu manusia,dan janganlah menyakiti perasaan sesamamu manusia dg cara apapun dan alasan apapun. Apakah kita harus disadarkan oleh penderitaan dn siksaan fisik krn penyakit kronis atau luka fisik mengerikan akibat kecelakaan yg berujung kematian utk menyadarkan kita dari kesalahan yg dulu pernah kita perbuat terhadap sesama kita manusia. Wahai saudara2ku,sadarlah akan MATI. Sesungguhnya kematian itu adalah janji yg dipenuhi,dan kita semua manusia yg sekarang ini masih HIDUP pasti akan mengalami MATI.

  24. gravatar

    # by Anonim - 25 September 2014 18.03

    Hati-hati, Bro. Beberapa pernyataan Ente ada benernya, tapi banyak juga salah.

    Salahnya, dalam salah satu artikel Ente, Ente katakan kalau Khrisna lahir dari perawan Devaki.

    Itu tak benar. Karena menurut kepercayaan Hindu, Khrisna adalah anak ke-8 Devaki dan Basudeva.

    Dan Wisnu bukanlah Anak Tuhan, karena Wisnu-lah yang sebenarnya dianggap sebagai Roh Suci.

    Proses pengandungan Isa (Iesoes; Yesus) memang mirip dengan proses pengandungan wanita-wanita suci sebelum Maria, yaitu pengandungan anak melalui 'berkat', tanpa hubungan seksual.

    Ini sama seperti Kunti yang melahirkan Karna dan para Pandawa yang tidak dari hubungan biologis.

    Istilah Anak Tuhan (Anak Dewa)-pun ada pada kepercayaan dua umat ini. Yaitu, Yesus dianggap sebagai Anak Allah, sementara Karna dan para Pandawa dikatakan sebagai Putera Dewa dari tiap-tiap dewa yang telah memberkati Kunti.

  25. gravatar

    # by Anonim - 25 September 2014 18.22

    Untuk saudara Kristen, Taurat itu Hukum Ilah, bukan Kutukan.

    Bahkan Yesus sendiri diutus bukan untuk meniadakan Hukum Taurat, melainkan menggenapinya. Dan semuanya tidak akan ditiadakan hingga hari kiamat.

    Misal penyaliban Yesus itu seperti penyebelihan putera Abraham.

    Untuk siapa nama orang yang akan disembelih, Ismael atau saudaranya, mari kita ketepikan. Kita sebut saja orang yang akan disembelih itu dengan sebutan Putera Abraham.

    Dalam Taurat diceritakan, bahwa ketika Putera Abraham akan disembelih oleh Abraham, Tuhan menggantikan Putera Abraham dengan Anak Domba.

    Inilah yang kemudian dalam Islam ada pelaksanaan ibadah Qur'ban, untuk mengingat peristiwa Abraham dan puteranya.
    (Dalam Kristen dan Yahudi, ada?)

    Sementara penyaliban Yesus (Iesoes/Isa) diyakini umat Muslim sama seperti peristiwa Abraham dan Puteranya. Yaitu, penyaliban memang terjadi. Tapi yang disalibkan itu bukan Yesus, melainkan Tuhan telah mengganti tubuh Yesus dengan tubuh 'orang jahat' yang diserupakan oleh Tuhan sama seperti Yesus.

    Jika saudara Kristen jeli, saudara Kristen tentu bisa menyelidiki sendiri kepalsuan Injil.

    Bagaimana bisa hukum Taurat ditiadakan, sementara Yesus sendiri tidak pernah meniadakan hukum Taurat.
    Seperti surat Saulus tentang khitan, bagaimana bisa Saulus berkata bahwa khitan tak perlu dilakukan, yang terpenting taat hukum Taurat?
    Bagaimana bisa seseorang dikatakan mentaati hukum Taurat sementara ia tidak menjalankan hukum Taurat?

  26. gravatar

    # by Anonim - 1 Oktober 2014 04.11

    saya senang bangat atas tulisan admin ini...saya bisa tau sedikit pengetahuan dari dewa2 yg dirunut seolah olah kristus benar2 fiktif....dan saya akui kristen benar2 salah bangt dan tolol!...jadi tulisan ini pantas untuk susunan kristen yg sesat sampai diluar kristen tambah bingung ttg kebenaran alkitab!...tgl 25 desember bukan kelahiran kristus dan itu ajaran kafir tidk berdasarkan alkitab...saudara bisa menemukan tnggal 25 ttg hari kelahiran kristus di alkitab ayam akan tumbuh gigi...tritungal juga ajaran kafir tidak ada di alkitab!...klo ada berarti itu ditambahkan dan selalu dalam kurung kurawal untuk alasan itu!...dan alkitab tak pernah bertentangan satu ayatpun cuman banyak pengritik gak paham alkitab!....jadi cerita horus tidak ada hubungan dengan kristus dan alkitab tidak salah dikitpun!...karna apa yg anda samakan horus dengan kristus tidak ada dalam alkitab seperti itu...anda benar klo mengoreksi kesalahan itu pada susunan kristen sesat termasuk katolik krna doktrin sperti anda jelaskan di alkitab gak ada!!!!,,,sekali lagi aku tegaskan gak ada!....anda salah besar

  27. gravatar

    # by Fandy - 27 Desember 2014 04.37

    Tuhan cukup 1 bukan 3, tuhan sang pencipta kita ga mungkin mati (mati oleh ciptaan-nya), tuhan tidak mempunyai ibu ( nanti ada keluarga tuhan).

  28. gravatar

    # by nyen nyak - 16 Februari 2015 08.25

    Yg bilang Tuhan ada 3 siapa mas brow...?? Dlm kitab weda sudah di jelaskan bahwa "EKAM EWAM ADITYAM BRAHMAN" yg artinya "Tuhan hanya satu tiada yg ke dua", sudah jelas hindu dharma hanya memuja 1 Tuhan yaitu "SANGHYANG WIDHI WASA"/TYME.

  29. gravatar

    # by Anonim - 4 Maret 2015 18.30

    Yang tahu agama mana yg benar dan salah adalah Allah sendiri.
    Bukan manusia yg sok plintat plintut mengklaim/memproklamirkan bahwa adama A yg paling benar.dan Nabinya juga yg paling suci dan benar.
    semuanya itu hanyalah rekayasa orang2 fanatik dan yg membenarkan dirinya sendiri.
    Coba di simak..Siapakah yg berhak atas Tahta Surga ? antara ke dua anak Ibrahim...
    dari anak Permaisuri apa dari anak Sang Selir ?
    Padahal kedua anak Ibrahim oleh Allah sama2 di berkati.

  30. gravatar

    # by Anonim - 6 April 2015 21.28

    intinya adalah kepercayaan 2 tentang trinitas, kelahiran dari perawan,anak dewa yang diplesetkan menjadi anak tuhan,
    kepercayaan terbesar sepanjang sejarah manusia adalah penyembahan terhadap dewa matahari9 hampir di deluruh dunia ,walaupun dengan nama yang berbeda2 tapi selalu dengan kemiripan yang hampir sama )
    dari awal perjalanan manusia selalu diarahkan pada penyembahaan terhadap dewa ( yang paling dominan adlah dewa matahari), selalu datang seorang nabi untuk meluruskan, kemudian manusia kembali memuja dewa matahari ,kemudian datang lagi seorang nabi kemudian manusia kembali memuja dewa matahari dan setrusnya dan seterusnya ( selalu begitu)
    manusia selalu memuja dewa matahari dalam berbagai nama

    KENAPAAA????

    kenapa selalu sama ?
    karena aktor intelektualnya adalah sama
    I B L I S
    dia masih hidup dari adam sampai sekarang
    SEMUA ORANG AKAN DI SESATKAN OLEH IBLIS KECUALI ORANG YANG IKHLAS DAN BERAKAL

    kalau sekarang iblis terang 2 an menggunakan dewa matahari maka orang akan tahu
    dia licik dan pintar menggunakan berbagai cara untuk mengkamuflase kebenaran sehingga tanpa disadari manusia menyembah dewa matahari

    nama isa diganti dengan yesus
    nabi isa punya 7 murid di ganti 12 , paulus murid pilo, pilo adalah murid plato ,matius murid paulus
    kelahiran isa di jadikan 25 des, walaupun ada beberapa cedekiawan kristen tidak setuju tapi faktanya umat kristen deluruh dunia merayakan hari kelahiran dewa matahari tiap tahun ( inilah kelicikan iblis)

    pengorbanan dan penebusan dosa
    ini adalah jati diri setiap anak dewa matahari, seperti karna yang rela mati untuk pandawa (kelahirannya juga dari perawan )

    tanda salib
    sudah dikenal para pemuja matahari sejak jaman babilonia

    tanpa di sadari umat kristen telah jauh dari ajaran nabi isa yang sebenarnya seperi larangan makan babi, kewajiban di sunat, kewajiban berpuasa ( karena dosa telah diampuni)

    selamat buat iblis yang telah sukses





  31. gravatar

    # by Mahdallena Carroline - 13 Mei 2015 21.14

    mending meperdalam iman masing" daripada saling nyerang & timbul perang . dan perang merugikan semua pihak , semua akan bersedih karena kehilangan kerabat dekat dan akhirnya timbulah balas dendam secara terus menerus ?? permusuhan antar agama , negara bisa memicu akhir zaman .
    lebih baik damain & mempercayai iman yang kita yakini.

  32. gravatar

    # by Anonim - 27 Mei 2015 23.41

    وَلا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ كَذَلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّهِمْ مَرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (١٠٨)

    dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan Setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.
    (QS AL An'am:108)

  33. gravatar

    # by Anonim - 23 Oktober 2015 01.15

    Semua kata2 ulasan hanya berlandaskan rujukan buku2 yang belum betul2 di sahkan benar dan terbukti secara alamiah di dunia, sedangkan alkitab orang kristen telah mendapat pengesahan dan pembuktian yang benar dan tidak dapat ditolak dalih oleh rata2 negara termasuk NASA. selidiki dahulu alkitab kristen sebelum membuat alasan dan kesimpulan seperti ini. Tiada juga salah dan ruginya jika kita menambah ilmu dengan alkitab ini.

  34. gravatar

    # by musa sitakar - 15 November 2015 02.50

    Agama mu dan agamaku.. Siapapun kita nanti bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan. Kebaikan dan kebenaran serta kasih yang kita punya menjadi modal kita ke surga. Ntar aja kita ngobrol lagi setelah kiamat. Setuju bagi yang masuk surga u ngeledek yang di neraka.

  35. gravatar

    # by musa sitakar - 15 November 2015 02.50

    Agama mu dan agamaku.. Siapapun kita nanti bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan. Kebaikan dan kebenaran serta kasih yang kita punya menjadi modal kita ke surga. Ntar aja kita ngobrol lagi setelah kiamat. Setuju bagi yang masuk surga u ngeledek yang di neraka.

  36. gravatar

    # by Tommy Stark - 8 Desember 2015 17.46

    Hahahahaha kalian ini udah abad segini masih ribut soal tuhan, jadi ateis enak.. ga terkotak-kotak ajaran masing". Klo adam dan hawa manusia pertama trs anaknya incest dengan ibunya? Knp bukti kehidupan purbakala tidak ditunjukkan dengan "kitab suci" dan terlalu disederhanakan dengan penciptaan yg skedar enam hari, kenapa? Karena dlu manusia terlalu bodoh soal memahami kejadian alam, makanya tuhan tercipta. Kalian pada dasarnya udah di cuci otak sejak kecil, klo klian yg islam lahir di USA skrng yakin bisa percaya muhammad? Klo klian yg kristen lahir di Afganistan skrng yakin bisa percaya Yesus satu"nya penyelamat? Sains perlahan udah bisa membuktikan apa yg disebut "karya tuhan". Dan klo elo semua blng gue menuhankan sains, lo salh besar karena gue ga percaya sama tuhan, it's just a fucking fairy tale.

  37. gravatar

    # by Berita Unik - 19 Januari 2016 09.57

    Untuk anda yang suka bermain Poker, Dominoqq, BandarQ Kini anda bisa bermain dalam 1 website dan dalam 1 ID.
    * Bonus New Member 5%
    * Bonus Deposit 3% ( berlaku kelipatan )
    * Bonus Refferal 10%+10% Seumur Hidup
    * Bonus Turn Over 0,3%-0,5%
    BBM : 2BE32842
    Skype : Metro.QQ
    Facebook : Metroqq
    Twitter : Metroqq
    WeChat : Metroqq
    Yahoo : Metroqq@yahoo.co.id
    Call/Sms : 085568681
    Daftarkan diri anda sekarang juga di www.metroqq. com
    New game 'BandarQ' bermain di www.metroqq. com dan jadilah bandar yang sesungguhnya!
    Minimal Deposit Rp. 20.000 & Minimal Withdraw Rp. 50.000
    Support Bank : BCA,BNI,BRI,MANDIRI
    Dilayani dengan customer service yang baik dan ramah, online 24/7 :)

  38. gravatar

    # by Hani Wardana - 15 Februari 2016 01.29

    Klu saya cuma mau bilang...yang penting selamatkan diri sendiri aja dlu baru mikir selamatkan yang lain..makasih

  39. gravatar

    # by jefri aditya - 30 April 2016 14.45

    Ulasan diatas adalah jiplakan dari film seri zeitgeist 1 .

  40. gravatar

    # by Jerico Lenez - 3 Agustus 2016 08.33

    Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih. (1 kor 13:13)

  41. gravatar

    # by windows 7 user - 17 Agustus 2016 22.13

    Aku malah dengar2 kabar, sekarang Cah Bagus malah menjadi pengikut Yesus yang baik. Gimana nih???? Sengit ndulit nihhhh

  42. gravatar

    # by Anonim - 9 September 2016 09.30

    ini namanya agama islam,,,gara2 sipembuat/si penulis yang ada di sini,,,agama islam jadi jelek/bauk/suka menghina agama lain
    ====================
    gara2 ini agama islam jadi jelek
    mgkn gara2 seperti ini rata2 pemeluk islam jadi teroris
    karna apa
    tanya dalam hati sendiri dan pikirkan lah

  43. gravatar

    # by Siska Paulina - 10 Oktober 2016 16.25

    Hai Semua Gabung Yuk Di CUMAPOKER.com
    Game Online Terbaru Yang Menggunakan Uang Asli Indonesia !!
    Game Poker Dan Domino Online:
    #BandarPoker #PokerOnline #BandarQ #AduQ #Capsasusun #BandarQ
    minimal deposit Rp15.000
    Minimal Withdraw Rp15.000
    Bonus Yang Di Berikan:
    Bonus Refferal 10% + 10%
    Bonus CashBack 0.3% - 0.5%
    Support Bank : BCA,MANDIRI,BNI,BRI DAN DANAMON
    BBm custumer kami : -Kezia - (2BE3DCA9)'
    Jadi mau nunggu apa lagi ? Segera Daftarkan Diri Anda Di CUMAPOKER.COM
    Untuk mendaftar langsung klik : http://goo.gl/xQOjry